Saturday, January 21, 2012

Penjualan Smartphone Diprediksi Naik 50%

Posted by Kresno Setyoputro On 1:02 PM | No comments
Penjualan Smartphone tahun ini diprediksi meningkat sebanyak 50%. Hal ini semakin menurunnya harga Smartphone di pasaran.

"Jika pertumbuhan untuk pasar teknologi informasi (TI), seperti laptop, komputer, diyakini ApkomIndo, bisa tumbuh 30%, maka gadget untuk pasar telco seperti Smartphone bisa tumbuh lebih dari 50%." Pendapat tersebut dikemukakan oleh founder juragangadget.com, sekaligus Presiden Direktur PT Satu Solusi Intermedia Utama Abbi Angkasa Perdana, dalam siaran persnya kemarin.

Abbi mengatakan, untuk pasar Smartphone, diperkirakan dominasi pasar dikuasai oleh handset Android dengan market share sebanyak 50%. Sementara sisanya diperebutkan oleh Smartphone BlackBerry, iOS Apple, Nokia, dan lain-lainnya.

Menurut Abbi, yang jadi tren saat ini adalah ponsel Andriod murah dari range harga Rp800.000 sampai Rp4.000.000. Sementara untuk tablet PC, lanjut Abbi, perkembangannya diproyeksikan tidak akan tumbuh signifikan. Hal ini karena terlalu banyaknya diversifikasi produk.


Source :
Koran Seputar Indonesia, edisi Sabtu 21 Januari 2012 hlm 32

Komunikasi dalam Organisasi

Posted by Kresno Setyoputro On 11:39 AM | No comments
Komunikasi berasal dari bahasa latin “communis” atau “common” dalam Bahasa Inggris yang berarti sama. Berkomunikasi berarti kita berusaha untuk mencapai kesamaan makna, “commonness”.  Atau dengan ungkapan yang lain, melalui komunikasi kita mencoba berbagi informasi, gagasan atau sikap kita dengan partisipan lainnya.

Sebagai makhluk sosial, di dalam kehidupannya haruslah berkomunikasi, karena manusia memerlukan orang lain baik individu maupun kelompok untuk saling berinteraksi. Di dalam kelompok/organisasi itu selalu terdapat bentuk kepemimpinan yang merupakan masalah penting untuk kelangsungan hidup kelompok, yang terdiri dari pemimpin dan bawahan/karyawan. Di antara kedua belah pihak harus ada two-way-communications atau komunikasi dua arah atau komunikasi timbal balik, untuk itu diperlukan adanya kerja sama yang diharapkan untuk mencapai cita-cita, baik cita-cita pribadi, maupun kelompok, untuk mencapai tujuan suatu organisasi.

Komunikasi dapat digolongkan ke dalam tiga kategori :
  • Komunikasi antar individu, komunikasi ini penerapannya antara pribadi/individu dalam usaha menyampaikan informasi yang dimaksudkan untuk mencapai kesamaan pengertian, sehingga terciptalah interaksi antar indivu tersebut.
  • Komunikasi kelompok, pada kategori ini,  komunikasi yang ditekankan adalah faktor kelompok, sehingga komunikasi menjadi lebih luas. Dalam usaha menyampaikan informasi, komunikasi dalam kelompok tidak seperti komunikasi antar pribadi.
  • Komunikasi massa, dilakukan dengan melalui alat, yaitu media massa yang meliputi cetak dan elektronik. Tentunya, pada kategori ini ruang lingkup komunikasi menjadi lebih luas dibandingkan dengan komunikasi kelompok maupun antar kelompok.

Dalam melakukan komunikasi organisasi, Steward L.Tubbs dan Sylvia Moss dalam Human Communication menguraikan adanya 3 (tiga) model dalam komunikasi :

Model komunikasi linier (one-way communication), dalam model ini komunikator memberikan suatu stimuli dan komunikan melakukan respon yang diharapkan tanpa mengadakan seleksi dan interpretasi. Komunikasinya bersifat monolog.

Model komunikasi interaksional. Sebagai kelanjutan dari model yang pertama, pada tahap ini sudah terjadi feedback atau umpan balik. Komunikasi yang berlangsung bersifat dua arah dan ada dialog, di mana setiap partisipan memiliki peran ganda, dalam arti pada satu saat bertindak sebagai komunikator, pada saat yang lain bertindak sebagai komunikan.

Model komunikasi transaksional. Dalam model ini komunikasi hanya dapat dipahami dalam konteks hubungan (relationship) antara dua orang atau lebih. Pandangan ini menekankan bahwa semua perilaku adalah komunikatif. Tidak ada satupun yang tidak dapat dikomunikasikan.


Hambatan-hambatan dalam komunikasi
  • Hambatan teknis, hambatan ini terjadi karena adanya keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi. Dari sisi teknologi, semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, sehingga saluran komunikasi dapat diandalkan dan efesien sebagai media komunikasi.
  • Hambatan sematik, hambatan ini terjadi karena adanya hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau ide secara efektif. Definisi semantik sebagai studi atas pengertian, yang diungkapkan melalui bahasa.
  • Hambatan manusiawi, hambatan ini terjadi karena adanya faktor, emosi dan prasangka pribadi, persepsi, kecakapan atau ketidakcakapan, kemampuan atau ketidakmampuan panca indera seseorang dalam berkomunikasi.

Proses Mempengaruhi

Adalah suatu kegiatan untuk mempengaruhi individu ataupun kelompok baik maupun tidak baik yang mengakibatkan terjadinya perubahan sikap, perilaku serta kebiasaan terhadap indvidu maupun kelompok tersebut.


Metode Mempengaruhi

  • Kekuatan fisik, metode ini dilakukan menggunakan fisik, seperti menggunakan tangan dalam mempengaruhi individu maupun kelompok (berhubungan dengan kekerasan).
  • Penggunaan sanksi, metode ini dilakukan dengan memberikan sanksi kepada individu maupun kelompok, sanksi yang diberikan berupa sanksi positif maupun negatif.
  • Keahlian, metode ini dilakukan dengan keahlian, seseorang yang mempengaruhi mempunyai keahlian dalam mempengaruhi individu maupun kelompok.
  • Kharisma (daya tarik), pada metode ini seseorang yang dipengaruhi akan tertarik kepada orang yang mempengaruhi, karena orang tersebut memiliki kharisma tanpa harus menggunakan kekuatan fisik, sanksi maupun keahlian.


Daerah Pengaruh

Daerah pengaruh mencakup :
  • Antar individu
  • Individu dengan kelompok
  • Kelompok dengan individu


Analisis French-Raven


Mereka mendifiniskan kekuasaan berdasarkan pada pengaruh, dan pengaruh berdasarkan pada perubahan psikologis. Pengaruh adalah pengendalian yang dilakukan oloeh seseorang dalam organisasi (masyarakat) terhadap orang lain. Konsep penting atas gagasan ini adalah bahwa kekuasaan merupakan pengaruh laten (terpendam) sedangkan pengaruh merupakankekuasaan dalam kenyataan (yang direalisasikan).

French-Raven membagi 5 sumber basis kekuasaan :
  • Kekuasaan Balas jasa
  • Kekuasaan Paksaan
  • Kekuasaan Sah
  • Kekuasaan Ahli
  • Kekuasaan Panutan


Proses Pengambilan Keputusan


Pengambilan keputusan secara universal didefinisikan sebagai pemilihan diantara berbagai alternative. Pengertian ini mencakup baik pembuatan pilihan maupun pemecahan masalah.

Langkah-langkah dalam proses pengambilan keputusan


Menurut Herbert A. Simon, Proses pengambilan keputusan pada hakekatnya terdiri atas tiga langkah utama, yaitu :
  • Kegiatan Intelijen
Menyangkut pencarian berbagai kondisi lingkungan yang diperlukan bagi keputusan.
  • Kegiatan Desain
Tahap ini menyangkut pembuatan pengembangan dan penganalisaan berbagai rangkaian kegiatan yang mungkin dilakukan.
  • Kegiatan Pemilihan
Pemilihan serangkaian kegiatan tertentu dari alternatif yang tersedia.

Sedangkan menurut Scott dan Mitchell, proses pengambilan keputusan meliputi :
  • Proses pencarian/penemuan tujuan
  • Formulasi tujuan
  • Pemilihan Alternatif
  • Mengevaluasi hasil-hasil

Pendekatan konperhensif lainnya adalah dengan menggunakan analisis sistem, menurut ELBING ada lima langkah dalam proses pengambilan keputusan :
  • Identifikasi dan Diagnosa masalah
  • Pengumpulan dan Analisis data yang relevan
  • Pengembangan dan Evaluasi alternative alternative
  • Pemilihan Alternatif terbaik
  • Implementasi keputusan dan Evaluasi terhadap hasil-hasil


Model-model Pengambilan keputusan

Model Perilaku Pengambilan keputusan
  • Model Ekonomi, yang dikemukakan oleh ahli ekonomi klasik dimana keputusan orang itu rasional, yaitu berusaha mendapatkan keuntungan marginal sama dengan biaya marginal atau untuk memperoleh keuntungan maksimum
  • Model Manusia Administrasi, Dikemukan oleh Herbert A. Simon dimana lebih berprinsip orang tidak menginginkan maksimalisasi tetapi cukup keuntungan yang memuaskan
  • Model Manusia Mobicentrik, Dikemukakan oleh Jennings, dimana perubahan merupakan nilai utama sehingga orang harus selalu bergerak bebas mengambil keputusan
  • Model Manusia Organisasi, Dikemukakan oleh W.F. Whyte, model ini lebih mengedepankan sifat setia dan penuh kerjasama dalam pengambilan keputusan
  • Model Pengusaha Baru, Dikemukakan oleh Wright Mills menekankan pada sifat kompetitif
  • Model Sosial, Dikemukakan oleh Freud Veblen dimana menurutnya orang seringb tidak rasional dalam mengambil keputusan diliputi perasaan emosi dan situsai dibawah sadar.


Model Preskriptif dan Deskriptif

Fisher mengemukakan bahwa pada hakekatnya ada 2 model pengambilan keputusan, yaitu :
  • Model Preskriptif
Pemberian resep perbaikan, model ini menerangkan bagaimana kelompok seharusnya mengambil keputusan.
  • Model Deskriptif
Model ini menerangkan bagaimana kelompok mengambil keputusan tertentu.
Model preskriptif berdasarkan pada proses yang ideal sedangkan model deskriptif berdasarkan pada realitas observasi.

Disamping model-model diatas (model linier) terdapat pula model Spiral dimana satu anggota mengemukakan konsep dan anggota lain mengadakan reaksi setuju tidak setuju kemudian dikembangkan lebih lanjut atau dilakukan “revisi” dan seterusnya.


Teknik-teknik Pengambilan Keputusan

Teknik Kreatif
  • Brainstorming
Berusaha untuk menggali dan mendapatkan kreatifitas maksimum dari kelompok dengan memberikan kesempatan para anggota untuk melontarkan ide-idenya.
  • Synectics
Didasarkan pada asumsi bahwa proses kreatif dapat dijabarkan dan diajarkan, dimaksudkan untuk meningktakan keluaran (output) kreatif individual dan kelompok.


Teknik Partisipatif

Individu individu atau kelompok dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan.

Teknik Modern
  • Teknik Delphi
  • Teknik Kelompok Nominal

Nanas

Posted by Kresno Setyoputro On 10:46 AM | 1 comment
Nanas
Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini : anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.



Model Sungkul Tangga dengan motif ukiran buah nenas pada Rumah Banjar di Kalimantan Selatan.

Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung -- bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk -- menjadi satu 'buah' besar. Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual, namun ia mengembangkan tanaman muda (bagian 'mahkota' buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetatif.

Di Indonesia, provinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.


Manfaat Nanas untuk Kesehatan


Manfaat buah nanas sangat beragam, diantara dari manfaat nanas tersebut adalah :
  • Melancarkan pencernaan protein. Manfaat nanas ini dapat kita peroleh karena buah tersebut memiliki enzim bromelain dalam jumlah besar. Enzim ini bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan dan sebagai pelega tenggorokan. Enzim bromelain berfungsi sebagai pencerna protein yang terdapat dalam makanan hingga dapat diserap oleh tubuh.
  • Mempercepat proses penyembuhan luka. Fungsi lain dari Enzim Bromelain adalah dapat mempercepat proses penyembuhan luka serta mengurangi peradangan dan pembengkakan dalam tubuh. Untuk itu, bagi pasien yang akan atau telah menjalani operasi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah nanas.
  • Berfungsi sebagai pembersih. Manfaat nanas sebagai pembersih ini juga diperoleh dari adanya enzim bromelain yang dapat membantu agar kadar asam dalam darah menjadi seimbang. Nanas juga dapat mengurangi kadar air yang berlebih dari dalam tubuh sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit Edema. Selain enzim bromelain, asam aspartic yang terkandung dalam nanas juga dapat membuang asam amonia yang merupakan racun berbahaya dari dalam tubuh.

Setelah kita ketahui beberapa manfaat buah nanas diatas, tentunya anda akan berpikir untuk menyertakan buah ini dalam hidangan makanan anda. Namun ada baiknya jika kita mengetahui bagaimana memilih buah nanas yang baik.

Ketika membeli buah nanas, ada nanas yang memiliki warna hijau atau kuning. Pilihlah diantara nanas-nanas tersebut yang paling berat. Semakin berat buah nanas, semakin segar buah itu karena kandungan air didalamnya masih banyak. Jika anda ingin memilih nanas yang matang, silahkan anda pilih nanas yang memiliki bau khas manis yang kuat. Karena jika anda salah memilih nanas yang masih mentah, rasanya akan sangat asam.


Source :
http://turunberatbadan.com/2472/manfaat-buah-nanas/
http://en.wikipedia.org/wiki/Pineapple
http://food.sulekha.com/dishimages/24905.jpg

Suku Inca

Posted by Kresno Setyoputro On 10:25 AM | No comments
Kerajaan Inca

Kerajaan Inka adalah sebuah kerajaan yang terletak di wilayah yang sekarang adalah Peru dari 1438 sampai 1533. Inka disebut sebagai peradaban "pra-Colombus”, yang artinya sudah ada sejak sebelum kedatangan Christopher Colombus. Selama periode tersebut, Inka menguasai sebagian besar wilayah Amerika Selatan bagian barat yang berpusat di pegunungan Andes hingga 1533, saat bangsa Spanyol menyerbu negeri itu. Atahualpa yang merupakan raja Inka terakhir, disebut juga dengan istilah Sapa Inca, tewas terbunuh oleh penjelajah Spanyol yang bernama Francisco Pizzaro, yang juga menandai awal masa berkuasanya Spanyol di daerah tersebut.

Kerajaan Inka terdiri atas empat suyu. Bahasa resmi kerajaan adalah bahasa Quechua, walaupun ada sekitar 700 bahasa lokal yang digunakan. Suku Inka melakukan pemujaan atas dewa-dewa, dengan Inti sebagai dewa matahari yang merupakan dewa terdepan.

Ibukota kerajaan Inca berada di Cuzco, atau Qosqo, di selatan Peru.


Machu Picchu


Machu Picchu ("Gunung Tua" dalam bahasa Quechua; sering juga disebut "Kota Inca yang hilang") adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca  pra-Colombus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350m di atas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco.

Foto Machu Picchu (Setelah Ditinggalkan oleh Inca) :

 



Sejarah Machu Picchu


Merupakan symbol Kerajaan Inka yang paling terkenal. Dibangun pada sekitar tahun 1450, tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian, ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Kerajaan Inka. Tempat ini sempat terlupakan oleh dunia Internasional, tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari Universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya kembali pada tahun 1911. Sejak itu, Machu Picchu menjadi objek wisata yang menarik bagi para turis lokal maupun asing.

Machu Picchu dibangun dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur. Bangunan utamanya adalah Intihuatana, Kuil Matahari, dan Ruangan Tiga Jendela. Tempat-tempat ini disebut sebagai Distrik Sakral dari Machu Picchu. Situs tersebut telah ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1983, Machu Picchu juga merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia (Seven Wonders) baru, juga mendapatkan perhatian akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh pariwisata (jumlah pengunjung mencapai 400,000 pada tahun 2003). Pada bulan September tahun 2007, Peru melakukan usaha-usaha legal dengan hasil tercapainya sebuah persetujuan dengan Universitas Yale untuk mengambil kembali artifak-artifak yang pernah dibawa oleh Bingham dari situs tersebut pada awal abad 20.


Hilangnya peradaban Inca  (16-11-1532)

Pada 479 tahun yang lalu seorang penjelajah asal Spanyol, Fransisco Pizarro, beserta pasukannya membantai suku Indian Inca di Peru. Penaklukan atas suku Inca itu melalui cara yang licik.

Menurut stasiun televisi The History Channel, jumlah pasukan Pizarro sebenarnya tidak sampai 200 orang. Namun, untuk menaklukan ribuan orang suku Inca, mereka mengandalkan senjata api dan tipu muslihat.

Pizarro saat itu berhasil membujuk Raja Inca, Atahualpa, agar datang ke Cajamarca untuk menghadiri perayaan dia sebagai penguasa. Ketika perayaan berlangsung, Pizarro memerintahkan pasukannya untuk menembaki suku Inca, yang hanya mengandalkan senjata tajam.

Pembantaian pun tak terelakkan. Hanya dalam satu jam, pasukan Pizarro membantai 5.000 orang suku Inca.

Pasukan Pizarro akhirnya berhasil menangkap Atahualpa. Raja Inca itu sempat dipaksa pindah keyakinan sebelum akhirnya dieksekusi mati pada 29 Agustus 1533 karena dianggap berupaya memberontak. 

Penaklukan Pizarro atas suku Inca berlangsung pada momen yang tepat. Pada 1532, Kerajaan Inca berkecamuk perang saudara sehingga menewaskan banyak orang dan terjadi perpecahan di antara mereka. Kerajaan Spanyol, melalui perantara Pizarro, membantu salah seorang putra penguasa Inca, Huascar, yang berebut kekuasaan dengan saudaranya, Atahualpa.

Perang antara pasukan Spanyol pimpinan Pizarro dengan suku Inca terus berlangsung setelah matinya Atahualpa. Namun pembantaian Pizarro di Cajamarca itu menandakan berakhirnya era Kerajaan Inca dan dimulainya penjajahan bangsa Eropa di Amerika Selatan.



Source :

http://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Inka
http://id.wikipedia.org/wiki/Machu_Picchu
http://okthaphiajourney.files.wordpress.com/2010/06/peradaban-suku-inca-di-peru.jpg
http://dunia.vivanews.com/news/read/264580-16-11-1532-pembantaian-spanyol-atas-suku-inca


Segitiga Bermuda

Posted by Kresno Setyoputro On 9:36 AM | No comments
Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda atau yang biasa disbut dengan Bermuda Triangle atau Segitiga Setan adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil2 atau 4 juta km2 yang membentuk garis segitiga antara Bermuda (wilayah territorial Britania Raya) sebagai titik di sebelah Utara, Puerto Riko (territorial Amerika Serikat) sebagai titik di sebelah Selatan, dan Miami (negara bagian Florida, Amerika Serikat) sebagai titik di sebelah barat.

Segitiga Bermuda sangat misterius. Sering ada isu paranormal di daerah tersebut yang menyatakan alasan dari peristiwa hilangnya kapal dan pesawat yang melintas. Ada pula yang mengatakan bahwa sudah menjadi gejala alam bahwa tidak boleh melintasi wilayah tersebut. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa itu semua akibat ulah makhluk luar angkasa.

Wilayah Segitiga Bermuda :

 



Sejarah Awal

Pada masa pelayaran Christopher Colombus, ketika melintasi area segitiga Bermuda, salah satu awak kapalnya mengatakan melihat “cahaya aneh berkemilau di cakrawala”. Beberapa orang mengatakan telah mengamati sesuatu seperti meteor. Dalam catatannya ia menulis bahwa peralatan navigasi tidak berfungsi dengan baik selama berada di area tersebut.

Berbagai peristiwa kehilangan di area tersebut pertama kali didokumentasikan pada tahun 1951 oleh E.V.W Jones dari majalah Associated Press. Jones menulis artikel mengenai peristiwa kehilangan misterius yang menimpa kapal terbang dan laut di area tersebut dan menyebutnya ‘Segitiga Setan’. Hal tersebut diungkit kembali pada tahun berikutnya oleh Fate Magazine dengan artikel yang dibuat George X. Tahun 1964, Vincent Geddis menyebut area tersebut sebagai ‘Segitiga Bermuda yang mematikan’, setelah istilah ‘Segitiga Bermuda’ menjadi istilah yang biasa disebut. Segitiga bermuda merupakan suatu tempat dimana di dasar laut tersebut terdapat sebuah piramid besar mungkin lebih besar dari piramid yang ada di Kairo Mesir. Piramid tersebut mempunyai jarak antara ujung piramid dan permukaan laut sekitar 500 m, di ujung piramid tersebut terdapat dua rongga lubang lebih besar.


Penjelasan beberapa sumber
Berikut adalah penjelasan dari beberapa narasumber yang menyatakan keanehan Segitiga Bermuda bahwa di sana terdapat gas methan, dianggap kapal yang hilang di sana telah melampaui batas kargo, Pangkalan UFO, tempat berkumpulnya para setan golongan Jin (Istana Setan) dan ada yang mengatakan bahwa di sanalah terletak “Telaga Air Kehidupan” yang sanggup membuat awet muda dan panjang umur.


Muatan berlebihan (melebihi muatan yang ditentukan)

Perusahaan asuransi laut Lloyd’s of London menyatakan bahwa segitiga bermuda bukanlah lautan yang berbahaya dan sama seperti lautan biasa di seluruh dunia, asalkan tidak membawa angkutan melebihi ketentuan ketika melalui wilayah tersebut. Penjaga pantai mengkonfirmasi keputusan tersebut. Penjelasan tersebut dianggap masuk akal, ditambah dengan sejumlah pengamatan dan penyelidikan kasus.


Gas Methana dan pusaran air

Penjelasan lain dari beberapa peristiwa lenyapnya pesawat terbang dan kapal laut secara misterius adalah adanya gas methan di wilayah perairan tersebut. Teori ini dipublikasikan untuk pertama kali tahun 1981 oleh Badan Penyelidikan Geologi Amerika Serikat. Teori ini berhasil diuji coba di laboratorium dan hasilnya memuaskan beberapa orang tentang penjelasan yang masuk akal seputar misteri lenyapnya pesawat-pesawat dan kapal laut yang melintas di wilayah tersebut.

Menurut Bill Dillon dari U.S Geological Survey, air bercahaya putih itulah penyebabnya. Didaerah segitiga maut Bermuda, tapi juga di beberapa daerah lain sepanjang tepi pesisir benua, terdapat "tambang metana". tambang ini terbentuk kalau gas metana menumpuk di bawah dasar laut yg tak dapat ditembusnya. Gas ini dapat lolos tiba2 kalau dasar laut retak. Lolosnya tidak kepalang tangung. Dengan kekuatan yg luar biasa, tumpukan gas itu menyembur ke permukaan sambil merebus air, membentuk senyawaan metanahidrat.

Air yang dilalui gas ini mendidih sampai terlihat sebagai "air bercahaya putih". Blow out serupa yg pernah terjadi dilaut Kaspia sudah banyak menelan anjungan pengeboran minyak sebagai korban. Regu penyelamat yang dikerahkan tidak menemukan sisa sama sekali. Mungkin karena alat dan manusia yang menjadi korban tersedot pusaran air, dan jatuh kedalam lubang bekas retakan dasar laut, lalu tanah dan air yg semula naik ke atas tapi kemudian mengendap lagi didasar laut, menimbun mereka semua.


Gempa laut dan gelombang besar

Teori ini mengatakan gesekan dan goncangan di tanah di dasar Lautan Atlantik menghasilkan gelombang dahsyat dan seketika kapal-kapal menjadi hilang kendali dan langsung menuju dasar laut dengan kuat hanya dalam beberapa detik. Adapun hubungannya dengan pesawat, maka goncangan dan gelombang kuat tersebut menyebabkan hilangnya keseimbangan pesawat serta tidak adanya kemampuan bagi pilot untuk menguasai pesawat.


Gravitasi

Gravitasi (medan graviti terbalik, anomali magnetik graviti) dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Segitiga Bermuda; sesungguhnya kompas dan alat navigasi elektronik lainnya di dalam pesawat pada saat terbang di atas Segitiga Bermuda akan goncang dan bergerak tidak normal, begitu juga dengan kompas pada kapal, yang menunjukkan kuatnya daya magnet dan anehnya gravitasi yang terbalik.


Pangkalan U.F.O.

Pemerintah dan Akademis Independen A.S. mengatakan Segitiga Bermuda disebabkan karena tempat tersebut merupakan Pangkalan U.F.O. sekelompok mahkluk luar angkasa/alien yang tidak mau diusik oleh manusia, sehingga kendaraan apapun yang melewati teritorial tersebut akan terhisap dan diculik. Ada yang mengatakan bahwa penyebabnya dikarenakan oleh adanya sumber magnet terbesar di bumi yang tertanam di bawah Segitiga Bermuda, sehingga logam berton-tonpun dapat tertarik ke dalamnya.


Istana Setan

Dalam hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah dari Nabi Muhammad S.A.W., dikatakan bahwa pertemuan antara suhu panas dan dingin (sejuk) adalah dikatakan larangan ini karena tempat seperti itu adalah tempat yang paling digemari oleh Setan. Karena menurut beberapa pendapat ada yang mengatakan bahwa Segitiga Bermuda merupakan pusat bertemunya antara arus air dingin dengan arus air panas, sehingga akan mengakibatkan pusaran air yang besar/dasyat. Karena bermuda terletak di perairan Atlantik di pertengahan antara benua Amerika bagian utara dan Afrika. Secara mudah lokasi ini adalah kawasan pertembungan dua arus panas dari Afrika dan sejuk dari Amerika Utara.

Menurut beberapa orang muslim meyakini dengan hadist ini yang dianggap telah terjawab tentang misteri Bermuda. Perkara-perkara aneh yang sering terjadi itu tentu antara lain disebabkan pertembungan antara panas dan sejuk dan menganggap Istana Iblis terletak secara tersembunyi di situ. Kemudian dikatakan pula bahwa Dajjal pada saat sekarang menetap di Segitiga Bermuda itu sampai pada menjelang kiamat dan ia akan keluar.


Air Kehidupan

Menurut Syaikh Imam M. Ma’rifatullah al-Arsy, segitiga bermuda merupakan tempat titik terujung di dunia ini. Di tengah kawasan itu terdapat sebuah telaga yang airnya dapat membuat siapa saja yg meminumnya menjadi panjang umur, ditempat itu pula Nabi Khidzir bertahta sebagai penjaga sumber "Air Kehidupan" tersebut. Syaikh Imam Ma’rifatullah berkata kalau penyelamat akhir Zaman Imam Mahdi akan keluar dari Ghaibnya melalui tempat tersebut dengan menggunakan jubah suci berwarna kebiruan.


Tempat yang indah dan berbahaya

Menurut sebuah naskah kuno menyatakan bahwa Raja Dzul Qarnain pernah mencoba masuk ke kawasan agung itu dan sekembalinya mereka mengatakan bahwa tempat itu berpasirkan permata dan berbatukan berlian. Tempat yang dipenuhi dengan kabut putih tebal itu sangat indah untuk dipandang tapi sangat berbahaya untuk di datangi.


Lorong waktu (worm holes)

Dalam sejarah, orang, kapal-kapal, pesawat terbang dan lain-lain sebagainya yang hilang secara misterius seperti yang sering kita dengar di perairan Segitiga Bermuda, sebenarnya adalah masuk ke dalam lorong waktu yang misterius ini.
Seorang ilmuwan Amerika yang bernama Ado Snandick berpendapat, mata manusia tidak bisa melihat keberadaan suatu benda dalam ruang lain, itulah obyektifitas keberadaan lorong waktu.

Dalam penyelidikannya terhadap lorong waktu, John Buckally mengemukakan teori hipotesanya sebagai berikut :
  • Obyektifitas keberadaan lorong waktu adalah bersifat kematerialan, tidak terlihat, tidak dapat disentuh, tertutup untuk dunia fana kehidupan umat manusia, namun tidak mutlak, karena kadang-kadang ia akan membukanya.

  • Lorong waktu dengan dunia manusia bukanlah suatu sistem waktu, setelah memasuki seperangkat sistem waktu, ada kemungkinan kembali ke masa lalu yang sangat jauh, atau memasuki masa depan, karena di dalam lorong waktu tersebut, waktu dapat bersifat searah maupun berlawanan arah, bisa bergerak lurus juga bisa berbalik, dan bahkan bisa diam membeku.

  • Terhadap dunia fana di bumi, jika memasuki lorong waktu, berarti hilang secara misterius, dan jika keluar dari lorong waktu itu, maka artinya adalah muncul lagi secara misterius.

Disebabkan lorong waktu dan bumi bukan merupakan sebuah sistem waktu, dan karena waktu bisa diam membeku, maka meskipun telah hilang selama 3 tahun, 5 tahun, bahkan 30 atau 50 tahun, waktunya sama seperti dengan satu atau setengah hari.

Meskipun beberapa teori dilontarkan, namun tidak ada yang memuaskan sebab munculnya tambahan seperti benda asing bersinar yang mengelilingi pesawat sebelum kontak dengan menara pengawas terputus dan pesawat lenyap.


Peristiwa-peristiwa terkenal


Penerbangan 19

Salah satu kisah yang terkenal dan bertahan lama dalam banyaknya kasus misterius mengenai hilangnya pesawat-pesawat dan kapal-kapal yang melintas di segitiga bermuda adalah Penerbangan 19. Penerbangan 19 merupakan kesatuan angkatan udara dari lima pesawat pembom angkatan laut Amerika Serikat.

Penerbangan itu terakhir kali terlihat saat lepas landas di Fort Lauderdale, Florida pada tanggal 5 Desember 1945. Pesawat-pesawat pada Penerbangan 19 dibuat secara sistematis oleh orang-orang yang ahli penerbangan dan kelautan untuk mengahadapi situasi buruk, namun tiba-tiba dengan mudah menghilang setelah mengirimkan laporan mengenai gejala pandangan yang aneh, dianggap tidak masuk akal.

Karena pesawat-pesawat pada Penerbangan 19 dirancang untuk dapat mengapung di lautan dalam waktu yang lama, maka penyebab hilangnya dianggap karena penerbangan tersebut masih mengapung-apung di lautan menunggu laut yang tenang dan langit yang cerah.

Setelah itu, dikirimkan regu penyelamat untuk menjemput penerbangan tersebut, namun tidak hanya pesawat Penerbangan 19 yang belum ditemukan, regu penyelamat juga ikut lenyap. Karena kecelakaan dalam angkatan laut ini misterius, maka dianggap "penyebab dan alasannya tidak diketahui".

Dan juga ditemukan adanya kaitan segitiga bermuda dengan atlantis yang ditemukan adanya penemuan kota-kota kuno dan berbagai bangunan di segitiga bermuda tersebut". Atlantis yang diduga tenggelam dalam waktu satu hari satu malam diduga kuat tenggelam di segitiga bermuda dan beberapa kawasan lainnya yang mirip dengan kejadian yang ada pada segitiga bermuda tersebut salah satunya yaitu di Indonesia, Malaysia, India, dan lainnya".


Kronologi dari beberapa peristiwa terkenal
  • 1840 : HMS Rosalie
  • 1872 : The Mary Celeste, salah satu misteri terbesar lenyapnya beberapa kapal di segitiga bermuda
  • 1909 : The Spray
  • 1917 : SS Timandra
  • 1918 : USS Cyclops (AC-4) lenyap di laut berbadai, namun sebelum berangkat menara pengawas mengatakan bahwa lautan tenang sekali, tidak mungkin terjadi badai, sangat baik untuk pelayaran
  • 1926 : SS Suduffco hilang dalam cuaca buruk
  • 1938 : HMS Anglo Australian menghilang. Padahal laporan mengatakan cuaca hari itu sangat tenang
  • 1945 : Penerbangan 19 menghilang
  • 1952: Pesawat British York transport lenyap dengan 33 penumpang
  • 1962: US Air Force KB-50, sebuah kapal tanker, lenyap
  • 1970: Kapal barang Perancis, Milton Latrides lenyap; berlayar dari New Orleans menuju Cape Town.
  • 1972: Kapal Jerman, Anita (20.000 ton), menghilang dengan 32 kru
  • 1976: SS Sylvia L. Ossa lenyap dalam laut 140 mil sebelah barat Bermuda.
  • 1978: Douglas DC-3 Argosy Airlines Flight 902, menghilang setelah lepas landas dan kontak radio terputus
  • 1980: SS Poet; berlayar menuju Mesir, lenyap dalam badai
  • 1995: Kapal Jamanic K (dibuat tahun 1943) dilaporkan menghilang setelah melalui Cap Haitien
  • 1997: Para pelayar menghilang dari kapal pesiar Jerman
  • 1999: Freighter Genesis hilang setelah berlayar dari Port of Spain menuju St Vincent.

Thursday, January 19, 2012

Tips Menghilangkan Kutu Busuk pada Kasur

Posted by Kresno Setyoputro On 8:23 PM | No comments
Kutu Busuk

Kutu busuk atau bangsat atau kepinding adalah serangga parasit dari keluarga Cimicidae. Kalau kita menyebut kutu busuk, biasanya yang kita maksud adalah spesies yang meminum darah manusia dan hewan berdarah panas lainnya. Kutu busuk senang tinggal di rumah manusia, khususnya pada tempat tidur. Kutu busuk bisa menggigit korbannya tanpa mereka sadari. Serangga parasit ini bisa menimbulkan penyakit ruam-ruam, efek psikologis, dan gejala alergi.

Jika Anda bangun dengan tanda gigitan serangga (kutu busuk) setiap pagi, kemungkinan kasur anda ditempati kutu busuk.

 



Berikut adalah tips membasmi kutu busuk dari tempat tidur :
  • Lepas seprai dari tempat tidur.

  • Cucilah seprai dan selimut secara terpisah dengan air panas. Untuk setiap cucian, tambahkan sejumlah deterjen serta pemutih. Jika anda memiliki boneka binatang atau barang lain di tempat tidur, cuci pula dengan cara yang sama.

  • Setelah itu, pindahkan tempat tidur ke area terbuka (bawa keluar rumah).

  • Bersihkan daerah bekas tempat tidur secara perlahan sampai benar-benar bersih.

  • Ambil pembersih anti bakteri (lysol, dll). Lap permukaan kasur dengan pembersih tadi. Jangan ketinggalan bersihkan sudut-sudut dan lipatan kasur.

  • Ambil hair dryer, nyalakan secara perlahan di atas seluruh area kasur dengan derajat panas setinggi mungkin. Tindakan ini akan menghanguskan kutu busuk dan larvanya. Jangan biarkan terlalu lama di area yang sama untuk menghindari kebakaran.

  • Selanjutnya, lap rangka tempat tidur dengan cairan pembersih (lysol). Lap hingga ke sudut-sudut ranjang.

  • Hair dryer rangka ranjang sama seperti ketika meng-hair dryer kasur.

  • Lap setiap meja yang ada di sekitar tempat tidur dengan menggunakan cairan pembersih.

  • Untuk mencegah kutu busuk kembali ke tempat tidur, pastikan anda mencuci seprai dan selimut sekali seminggu dengan air panas.

  • Anda juga dapat menghindari kutu busuk menempel di tempat tidur dengan mandi dahulu sebelum tidur.


Source :

Square Enix

Posted by Kresno Setyoputro On 8:00 PM | No comments
Square Enix

(Bahasa Jepang : スクウェア・エニックス, dibaca : Sukuuea Enikkusu) adalah sebuah produsen video games dan manga Jepang. Square Enix sangat dikenal untuk seri permainan RPG (Role Playing Game), termasuk seri Final Fantasy dan seri Dragon Quest (awalnya dikenal dengan Dragon Warrior di Amerika Utara).

Square Enix adalah hasil dari bergabungnya perusahaan Square Co., Ltd. Dan Enix pada tanggal 1 April 2003. Secara resmi Enix menarik Square, di mana para pemegang saham Square menerima 0,81 bagian saham dalam perusahaan baru ini sedangkan para pemegang saham Enix menerima bagian satu-banding-satu. Akan tetapi, posisi-posisi pimpinan dalam struktural perusahaan baru ini diduduki oleh pejabat-pejabat tinggi dari Square, termasuk presiden Square Yoichi Wada, yang ditunjuk sebagai presiden perusahaan yang baru.

Logo Square Enix :

 


Perkembangan Perusahaan


Square Enix beroperasi perdaerah, termasuk Square Enix, Inc. (untuk semua Amerika Utara, yang menggunakan system TV-NTSC) dan Square Enix, Ltd. (untuk Eropa dan daerah lainnya yang menggunakan sistem TV-PAL). Pada Juli 2003, Square Enix memindahkan kantor utamanya ke Yoyogi, Shibuya-ku, Tokyo. Pada Maret 2004, Square Enix mendapatkan UIEvolution, Inc. untuk menguatkan pasar wirelesssnya. Pada 22 Agustus 2005, Square Enix mengumumkan pengakuisisian Taito Corporation, yang dikenal dengan permainan arcade, Space Invaders, dan seri Bubble Bobble. Pada 28 September 2005, Square Enix menguasai Taito secara keseluruhan. Pada Januari 2005, perusahaan melebarkan operasi ke Beijing, Cina, dengan mendirikan Square Enix (China) Co., Ltd. Sebagai cabang yang berdiri sendiri.

Perusahaan tersebut juga mempunyai kendali bisnis di Community Network Software Engine of Beijing, China yang memfokuskan pada jaringan middleware untuk permainan.


Properti

Komputer dan permainan video

Sejauh ini, properti video games Square Enix adalah aset yang paling berharga. Square Enix Dragon Quest diduga adalah seri permainan terpopuler kedua dijepang setelah Pokemon, dan setiap pengeluaran terbaru dari seri ini, penjualannya mencapai rekor tingkat penjualan tertinggi di Jepang. Dragon Quest telah terjual lebih dari 40 Juta unit diseluruh dunia dengan sekitar 39 jutanya dari Jepang. Tapi bagaimanapun Final Fantasy dapat disebut sebagai aset paling berharga milik Square Enix, dengan total penjualan diseluruh dunia melebihi dari 68 juta unit. Yang Terbaru dari Square Enix adalah Kingdom Hearts (pengembangan dilakukan bersama dengan Disney Buena Vista Games) telah menjadi populer diseluruh dunia dan menambahkan lagi aset berharga bagi perusahaan.

Pada Mei 2004, Square Enix mengumumkan kerja sama dengan Sony Online Entertainment untuk hak penerbitan di Jepang untuk EverQuest II.

Pada 2006, Square Enix telah memproduksi permainan untuk Sony Playstation 2 (PS2), Nintendo Gamecube, dan Microsoft Xbox 360 Game Console, begitu juga untuk Nintendo GBA (Game Boy Advance), Nintendo DS, dan PlayStation Portable (PSP) handheld game console.

Perusahaan telah mengumumkan judul-judul permainan yang akan datang untuk Sony Playstation 3 (PS3), dan Nintendo Wii, begitu juga untuk Xbox 360. Untuk tambahan, mereka juga telah menerbitkan permainan untuk Microsoft Windows berbasis Personal Computer (PC), dan untuk macam-macam model Telepon Genggam (Mobile).

Permainan telepon genggam Square Enix ada pada jaringan Vodafone yang berada di beberapa negara Eropa, termasuk Britania Raya, Spanyol, dan Perancis. Dua puluh lima permainan video Square Enix dimasukkan kedalam jajaran peringkat 100 besar permainan video pada majalah Famitsu, dengan tujuh diantaranya masuk pada 10 peringkat teratas, dimana kebanyakan adalah permainan Final Fantasy dan Dragon Quest. Final Fantasy adalah permainan tersukses buatan Square Enix yang diikuti oleh Dragon Quest pada peringkat kedua.

Belum lama, Michihiro Sasaki, wakil president senior dari Square Enix, berbicara mengenai Sony Playstation 3 yang akan datang, dia berbicara "Kami tidak mau PlayStation 3 menjadi terburuk, jadi kami ingin membantunya, tetapi kami juga tidak ingin menjadikan mereka yang terbaik, jadi kami juga tidak dapat membantunya terlalu banyak."

Square-Enix telah membeberkan sebuah game engine generasi ketujuh yang bernama White Engine yang akan digunakan pada Final Fantasy XIII, dan permainan PS3 lainnya dimasa depan. Asalnya engine tersebut dikembangkan untuk Sony PlayStation 2, tetapi dipindahkan ke Sony PlayStation 3 setelah para pengembang menyadari kekuatan dari mesin itu.

Daftar permainan (video games) yang telah dirilis oleh SquareEnix dapat dilihat di link berikut :

Daftar Games Square Enix

Film

Final Fantasy VII : Advent Childrem adalah animasi-CGI movie berdasarkan permainan Squaresoft yang sukses di Sony Playstation yakni permainan Final Fantasy VII, dimana cerita ini terjadi 2 tahun setelah cerita dipermainan.


Manga

Perusahaan ini juga mempunyai divisi penerbitan manga di Jepang (berasal dari Enix) yang disebut Gangan Comics. Mereka hanya menerbitkan untuk pasaran Jepang. Mereka juga menerbitkan manga anthologi Jepang terkenal yang bernama Monthly Shonen Gangan. Judul-judul yang diterbitkan oleh Gangan Comics adalah Papuwa, Pani Poni, Spiral, Star Ocean : Blue Sphere, Star Ocean : The Second Story (Manga), Star Ocean : Till The End Of Time, dan Fullmetal Alchemist. Termasuk juga adaptasi manga dari Enix, dan permainan Square-Enix yang akan datang, seperti Kingdom Hearts.

Fullmetal Alchemist dilisensi untuk diterbitkan di Amerika Utara oleh Viz Media, sedangkan Kingdom Hearts dan Spiraldilisensi oleh Tokyopop.

Pani Poni Dash! Seri anime dibuat berdasarkan Pani Poni Manga yang telah dilisensi di Amerika Utara oleh ADV Films.


Studio

•    Square Enix's internal studios di Beijing (Cina), Osaka (Jepang), dan Tokyo (Jepang).
•    UIEvolution di Bellevue (Washington, US).



Source :
http://id.wikipedia.org/wiki/Square_Enix

Merawat Perkakas Dapur

Posted by Kresno Setyoputro On 6:09 PM | No comments
Apakah anda senang memasak? Jika anda senang memasak, anda harus senang juga untuk membersihkan dapur beserta perkakasnya. Namun, noda membandel yang sulit dihilangkan sering menjadi kendala / halangan pada saat membersihkan dapur.

Berikut ini adalah tips untuk merawat perkakas dapur :

  • Untuk mengharumkan dapur, ambil air jeruk lemon dan beberapa cengkih. Rebus dengan air sampai mendidih hingga berbau harum. Bau harum tersebut akan membuat para ibu lebih nyaman memasak di dapur.

  •  Untuk menghilangkan bau amis pada perkakas dapur, rebus air dan garam sampai mendidih. Beri sedikit perasaan lemon. Setelah itu, rendam perkakas dapur yang terkena amis selama beberapa menit. Terakhir, cuci dengan sabun pencuci piring seperti biasa.

  • Untuk mengharumkan kulkas, ambil beberapa tetes essences vanila, kemudian teteskan di secarik kain katun. Masukkan kain katun tersebut kedalam kulkas yang sebelumnya telah dibersihkan. Essences vanilla dapat diganti dengan essences lemon atau jeruk segar.

  • Ketika mencuci peralatan makan, sebaiknya menggunakan cairan pembersih piring ketimbang sabun colek. Penggunaan sabun colek sering meninggalkan bau sabun yang tajam pada peralatan makan. Boleh juga ditambahkan kulit jeruk atau perasaan lemon agar amis dan minyaknya hilang.

  • Ketika mencuci piring, gunakan busa cuci, bukan sabut plastik. Karena sabut plastik tibak dapat menghilangkan lemak yang menempel pada piring.

  •  Bersihkan blender dengan kucuran air. Lalu masukkan air hangat yang dicampur dengan perasaan lemon, kemudian nyalakan blender. Setelah itu, cuci blender dengan sabun cuci piring seperti biasa.


Source :
Koran Seputar Indonesia edisi Rabu, 18 Januari 2012, hlm. 36

WIKIPEDIA

Posted by Kresno Setyoputro On 5:33 PM | No comments
Wikipedia

Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multi bahasa yang bebas dan terbuka. Wikipedia dijalankan oleh Wikimedia Foundation, yaitu sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan manusia.

Wikipedia berawal sebagai projek sampingan Nupedia, ensiklopedia bebas yang artikelnya ditulis oleh para ahli. Larry Sanger, yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di Milis Nupedia. Kemudian pada 15 Januari 2001, Wikipedia secara resmi diluncurkan.


Keistimewaan

Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, Wikipedia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanac, majalah, spesialis, dan topik-topik berita yang masih hangat. Banyak orang yang menggunakan Wikipedia ini untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan rumah, secara gratis dan terbuka.


Perkembangan jumlah artikel

Sejak resmi diluncurkan pada tanggal 15 Januari 2001, Wikipedia (Versi English) telah mengalami perkembangan jumlah artikel yang luar biasa. Tanggal 21 Januari 2003, jumlah artikel yang dimiliki telah mencapai 100.000 buah, kemudian pada tanggal 1 Maret 2006, Wikipedia telah memiliki 1.000.000 artikel. Angka ini terus bertambah menjadi 2.000.000 artikel pada tanggal 9 September 2007, dan menembus angka 3.000.000 artikel pada tanggal 17 Agustus 2009.

Hingga bulan Desember, proyek Wikipedia yang telah memiliki jumlah artikel lebih dari 1.000.000 hanya menyajikan dalam 4 bahasa, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Jerman (yang telah menembus angka ini pada tanggal 27 Desember 2009), Bahasa Perancis (yang telah melampauinya pada tanggal 21 September 2010), dan Bahasa Belanda (yang mencapai angka ini pada 17 Desember 2011).

Sedangkan Wikipedia Bahasa Indonesia, pertama kali memiliki artikel pada tanggal 30 Mei 2003. Angka ini menjadi 1.000 artikel pada tanggal 16 Maret 2004, kemudian menembus angka 10.000 artikel pada tanggal 31 Mei 2005. Perolehan 100.000 artikel didapat pada tanggal 21 Februari 2009. Pada tanggal 7 Desember 2011, Wikipedia Bahasa Indonesia telah memiliki lebih dari 178.000 artikel.


Basis data yang dapat diunduh

Setiap orang yang ingin menggunakan free content (isi bebas) Wikipedia, kapan pun, dapat mengunduh (download) artikel yang mendekati versi terbaru di dalam pangkalan data untuk tujuan bebas, dengan syarat LDBG (Lisensi Dokumentasi Bebas GNU).

Beberapa lokasi, seperti Wikinfo, wordiq, thefreedictionary.com, 4reference, dan nationmaster telah membuat salinan (mirroring) dan membuat ‘data turunan’ (forking) dari isi Wikipedia.


Setiap orang dapat memberikan kontribusi

Isi Wikipedia dapat diciptakan oleh pengguna atau user. Pengunjung di Wikipedia juga dapat mengubah artikel, dan sudah banyak yang melakukan hal ini. Halaman-halaman selalu diubah, jadi tidak ada artikel yang pernah selesai. Dan karena itu pula di Wikipedia sering terjadi "kesulitan" yang unik. Tetapi ia pun memiliki sistem "penyembuhan sendiri" untuk menghadapi tantangan tersebut.




Perangkat keras (Server)

 

Gambar diatas merupakan server Wikimedia di Tampa.

Wikipedia dijalankan dengan menggunakan perangkat lunak MediaWiki oleh server-server milik Yayasan WikiMedia. Sampai dengan 13 Mei 2006, Wikipedia dan proyek-proyek Wikimedia lainnya dijalankan oleh 175 server yang terletak di 4 lokasi berbeda, yaitu di Tampa (Florida, Amerika Serikat), Paris (Perancis), Amsterdam (Belanda), serta di lokasi Yahoo!.

Perincian server menurut lokasinya adalah sebagai berikut :

•    Tampa, Florida :
      o    14 buah server berbasis data MySQL,
      o    18 buah server Squid,
      o    93 buah server Apache, dan
      o    12 buah server lainnya untuk beragam keperluan.
•    Paris, Perancis :
      o    3 buah server Squid.
•    Amsterdam, Belanda :
      o    12 buah server.
•    Yahoo!:
      o    23 buah server.


Source :
http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia

SOPA and PIPA

Posted by Kresno Setyoputro On 5:07 PM
SOPA dan PIPA

SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act) adalah undang-undang yang diajukan tahun lalu oleh senator dan pejabat tinggi AS dengan tujuan untuk melindungi hak cipta materi internet seperti video, musik, software, dan semua barang digital dari pembajakan. Namun, undang-undang ini tidak sesederhana itu, banyak hal dari undang-undang ini akan mengubah cara kerja internet saat ini.


Dasar perintah utama undang-undang SOPA dan PIPA 

  • Pemerintah AS dan organisasi perusahaan pemilik hak cipta dapat meminta penyedia layanan internet (ISP) untuk memblokir akses ke situs web yang dianggap sebagai penyedia tempat pelanggaran hak cipta.

Teknisnya, yaitu memerintahkan ISP untuk mengubah server DNS mereka dari nama domain suatu situs di negara luar AS yang menyimpan konten ilegal seperti video, lagu, foto, gambar, dan lainnya.

  • Pemerintah AS dan organisasi perusahaan pemilik hak cipta dapat mengambil tindakan hukum untuk menggugat mesin pencari, situs blog, direktori, atau situs secara umum yang memiliki situs-situs blacklist untuk dihapus dari situs web mereka.

Teknisnya, yaitu memerintahkan situs pencari seperti Google atau lainnya untuk mengubah query pencariannya dengan mengecualikan situs yang menyimpan konten ilegal. Jadi, jika Anda mencari di situs pencari, situs ini tidak akan ditemukan. Prakteknya mirip dengan di Cina, bila ada netter mengetik “Tibet” atau “Tianamen” di negeri tirai bambu itu dipastikan tak ditemukan hasil pencarian di Google. Begitu pula yang terjadi bila RUU disahkan di AS. Pengguna internet yang mengetik “Iwan Yuliyanto download gratis” misal, bakal kecewa karena tiada hasil yang didapat, meskipun sudah berkali-kali mencarinya.

  • Jaksa Agung AS dapat membawa kasus ke pengadilan yang akan memaksa mesin pencari, pengiklan, penyedia DNS, server, dan prosesor pembayaran dari memiliki kontak apapun dengan situs yang diduga melanggar.

Teknisnya, yaitu memerintahkan layanan iklan seperti Google Adsense (Google Ads) untuk menolak iklan atau pembayaran dari situs luar AS yang menyimpan konten ilegal. Prosesor pembayaran dapat memutuskan hubungan kerjasama dengan situs, bila mereka memberikan alasan kuat bahwa situs tersebut melanggar hak cipta. Teknisnya, yaitu memerintahkan layanan pembayaran online seperti Amazon, dsb untuk mematikan akun dari situs luar AS yang menyimpan konten ilegal.
  • RUU juga berpotensi memberi ancaman lebih dari itu karena definisi situs pembajak yang diusung SOPA dianggap terlalu luas. SOPA tak hanya mengancam situs-situs underground yang menyediakan lagu atau film gratis, namun juga situs yang dianggap dan dicurigai mempermudah atau memfasilitasi materi bajakan (lagu, film, dll.) bisa ikut dihilangkan.

Misalnya saja, saat seorang penonton konser merekam penampilan idolanya melalui ponsel lalu mengunggah ke situs YouTube tanpa izin distributor atau pemegang hak cipta, menurut RUU tersebut YouTube dianggap memfasilitasi pelanggaran hak cipta. Konsekuensinya YouTube harus di-block dan ditutup, dan pengunggah video tersebut dipidanakan. Dan pada akhirnya, tak mustahil satu situs yang berisi puluhan ribu halaman bisa dimatikan hanya gara-gara satu halaman mengandung yang unsur pelanggaran hak cipta.


Dampak bila RUU tersebut disahkan


Dengan disahkannya SOPA dan PIPA, tentu saja akan membuat para raksasa sekelas Google, Yahoo, Facebook, dan Mozilla berteriak. Bila Anda masih ingat, Mozilla sepanjang Desember lalu selalu menayangkan kalimat yang berbunyi "Kongres berusaha menyensor internet. Bantu Mozilla untuk memperjuangkan internet yang bebas dan terbuka. Bergabunglah sekarang!". Saat kalimat itu di-klik, pesan itu membawa ke tautan penjelasan apa itu SOPA dan PIPA.

Sedangkan dampaknya secara global adalah pengunjung dunia maya tidak akan lagi bisa melakukan kegiatan mengunduh (download) dan semacamnya karena undang-undang tersebut menganggap ilegal.

Tentunya, banyak aspek dari Internet yang akan berubah, salah satu implementasi yang akan dilakukan oleh SOPA dan PIPA terhadap Internet adalah DNS Filtering dan DNSSEC (Domain Name Security Extension) yang diyakini oleh para ahli internet dan salah satunya, Mozilla, bahwa hal tersebut akan mengakibatkan masalah keamanan pada Internet dan juga melambatkan kinerja internet saat ini. Ada juga dampak-dampak lain yang akan terjadi pada internet, antara lain : 

  • Banyak blog atau situs yang akan ditutup dikarenakan penggunaan misalnya logo, foto, ataupun media lain yang diklaim oleh sang pemilik.

  • Situs-situs web service dan social media seperti Multiply, Facebook, YouTube, RapidShare, Twitter, Flickr, dll. akan mengalami banyak masalah dan dituntut karena konten-konten yang dikontribusi oleh publik akan disaring dan disensor secara ketat.

  • Inovasi dan perkembangan teknologi dari Internet akan melambat karena perusahaan-perusahaan baru harus dapat memenuhi standar dari SOPA dan PIPA.

 

Bila RUU tersebut disahkan, kita akan banyak menjumpai tampilan situs-situs yang mematikan layanannya, seperti situs diatas.


Dampak RUU tersebut ke Indonesia

Tentu saja, dengan undang-undang tersebut, maka pemerintah AS berhak menuntut situs untuk menghapus konten-konten yang menurut mereka ilegal atau situs tersebut akan diblok (melalui ISP setempat), sehingga pengguna tidak bisa membuka lagi situs kesayangannya.

Secara garis besar, SOPA dan PIPA jika disetujui hanya akan berlaku di AS dan tidak di negara lain. TETAPI, jika ada yang menggunakan server-server di Amerika Serikat untuk hosting website, tentunya konten-konten website tersebut akan masuk ke dalam juridiksi hukum di sana. Memang secara langsung, SOPA dan PIPA ini tidak mempengaruhi jaringan internet di Indonesia. Namun, bisa dibayangkan untuk kita yang sehari-hari menggunakan servis-servis sosial media seperti Multiply, Facebook, Google, Twitter, YouTube, dll. dapat dipastikan website-website ini akan menjadi target sasaran dari SOPA dan PIPA. Penggunaan internet bisa dipastikan akan berubah jika SOPA dan PIPA diluluskan.

Sederhananya, karena memang nyatanya di internet banyak situs (di luar AS) yang menyimpan konten-konten, parlemen AS mencari cara agar bisa melarang keberadaan situs semacam itu dan mengekang apa yang disebut kebebasan internet, karena sebenarnya SOPA dan PIPA bisa berdampak lebih luas dari sekedar pelarangan konten-konten.

Teknisnya, apabila situs tersebut di luar Amerika, maka penyedia jasa layanan internet (ISP) diwajibkan memblokir akses ke situs tersebut.


Kendala yang dihadapi oleh penentang RUU SOPA dan PIPA



Pada Desember 2011 lalu, koalisi anti-SOPA memasang iklan satu halaman penuh di hampir semua media massa nasional. Tak tanggung-tanggung, Google bahkan menyewa 15 firma pelobi untuk menghadang paket RUU itu agar tidak sampai disahkan.Namun, musuh yang dihadapi anti-SOPA itu tidaklah enteng, karena industri musik, film, dan kamar dagang Amerika berada dibalik RUU tersebut. Salah satunya, Asosiasi Distributor Film Amerika (MPAA) adalah organisasi yang membawahi nama yang sudah terkenal seperti Universal Pictures, Sony, Warner Bros dan 20th Century Fox. MPAA selama ini dikenal getol menarget situs luar agar tak bisa diakses warga AS dan dipandang sebagai pihak yang selalu kalah bila berhadapan pembajak asing.

Hampir semua media massa mengecam dan mengkritik RUU itu dalam editorialnya, seperti TechDirt. Tak ketinggalan situs-situs teknologi juga ikut menyuarakan tentangan keras. Gerakan anti-SOPA memang kuat, tapi mereka di luar Kongres. Sedangkan dalam Kongres dukungan terhadap paket yang terdiri dari dua RUU itu juga sangat serius. Pertempuran dua kubu pro dan anti RUU bisa jadi dimenangkan kubu yang pro (karena didukung pemodal raksasa).


Source :