Sunday, January 20, 2013

All About Mars

Posted by Kresno Setyoputro On 1:32 AM | No comments
Kamu pasti pernah dengar tentang Planet Mars. Konon katanya alien banyak hidup di sana. Tapi sekarang para ilmuwan justru berlomba melakukan penelitian untuk menjadikan Mars sebagai bumi kedua. Apa mereka bisa?


Penemuan Mars

Nama Mars berasal dari Dewa Perang Romawi, “Mars, The God of War”. Warna planet yang terlihat kemerahan dari jauh membuat Mars disebut juga Planet Merah atau “The Red One” oleh bangsa Mesir Kuno. Mars udah diamati sejak tahun 400 SM oleh kaum Babilonia. Saat itu mereka menamakan Mars sebagai “Nergal, the star of death”.

Tahun 1576, seorang astronom Denmark, Tycho Brahe, berhasil menghitung dan menetapkan posisi Mars secara akurat hanya dengan mata telanjang. Tahun 1604, giliran astronom dari Jerman, Johannes Kepler juga berhasil menghitung dan menemukan kalau lintasan orbit Mars berbentuk lonjong (ellipse), bukan lingkaran.

Baru di tahun 1609, Galileo Galilei melakukan pengamatan dengan teleskop. Ini adalah pertama kalinya Mars diamati dengan bantuan alat. Di tahun 1659 dimulai, lah pengamatan dengan alat-alat yang lebih canggih dan modern. Dan sejak itu para astronom mulai menggambar peta daratan Mars.


Kembarannya Bumi

Mars adalah planet yang paling dekat sama Bumi dan termasuk ke Tata Surya bagian dalam karena letaknya masih cukup dekat dengan matahari. Planet Mars ukurannya lebih kecil dari Bumi dan Venus. Planet Mars diselimuti oleh atmosfer tipis.

Permukaan Mars dipenuhi banyak kawah, lembah, gurun, gunung berapi dan lapisan es. Karena bentuk daratannya seperti itu, banyak yang bilang kalau Mars itu kembarannya Bumi. Apalagi dibandingkan Venus, lingkungan Mars dinilai lebih bersahabat. Tapi tetap aja nggak cocok kalau dihuni manusia.
 

 
Hal lain yang makin membuat para ilmuwan percaya bahwa Mars bisa dijadikan Bumi kedua adalah bukti penelitian yang menunjukkan kalau sekitar 4 milyar tahun lalu, Mars merupakan planet air. Banyak kandungan mineral dalam tanah yang menandakan bahwa lingkungan di Mars basah atau lembab. Jadi makin mirip Bumi yang sebagian besarnya juga terdiri dari air dan mineral.


Penjelajahan ke Mars

Kalau ditanya planet mana yang paling sering diamati dan dijelajahi, mungkin Mars yang bakal jadi juaranya. Soalnya emang udah banyak banget wahana penjelajah antariksa yang mengirimkan dan mendaratkan pasukan ke Mars. Contohnya negara Uni Soviet (Rusia), Amerika Serikat, beberapa negara Eropa dan Jepang.

Teknologi penjelajah yang paling terkenal saat ini adalah robot penjelajah milik NASA, yang bernama “Mars rover Curiousity”. Tanggal 26 November 2011, Curiousity berangkat menuju Mars Science Laboratory Spacecraft dari Cape Carnaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat. Dan setelah 8 bulan perjalanan, akhirnya Curiousity berhasil mendarat di Mars hari Senin, 6 Agustus 2012, pada pukul 12:32 WIB di Kawah Gale.

Sejak mendarat di Mars, Curiousity udah menghasilkan lebih dari 23 ribu foto mentah (raw image) dan menjelajah sejauh 517 meter. Curiousity ini berukuran sebesar mobil keluarga yang dilengkapi berbagai peralatan canggih untuk meneliti iklim, geologi, dan jejak kehidupan. Perlengkapannya mulai dari kromatograf, spktrometer massa, spektrometer laser, sampai difraksi sinar-x. Jadi nggak heran kalau dia disebut laboratorium berjalan.

Ada sekitar 7 kamera yang terpasang di tubuh robot yang bobotnya mencapai 900 kilogram ini. Robot ini juga dilengkapi lengan untuk mengumpulkan contoh-contoh bebatuan yang ada di Mars untuk diteliti kandungannya. Kelebihan Curiousity dibanding robot-robot pendahulunya terletak di bahan bakar. Curiousity nggak pakai tenaga surya atau matahari, melainkan tenaga nuklir.
 
 


Fakta tentang Mars

  • Di Mars berdiri Olympus Mons, gunung tertinggi di Tata Surya dan Valles Marineris, lembah terbesar di Tata Surya.
  • Suhu dan tekanan udara di Mars lebih rendah daripada Bumi. Komposisi udaranya banyak mengandung karbondioksida.
  • Mars terlihat berwarna kemerahan karena banyak kandungan besi oksida di permukaannya.
  • Periode rotasi dan siklus musim di Mars mirip dengan Bumi.
  • Besar jari-jari Mars cuma setengahnya jari-jari Bumi, yaitu sekitar 3.396,2 km.
  • Mars punya dua satelit, yaitu Phobos dan Deimos.
  • Mars mengelilingi Matahari selama 687 hari. Dan sehari di Mars adalah 25,62 jam
 
Source :

Yudi - XY Kids! Magazine

0 comments :

Post a Comment