Sunday, January 20, 2013

Polo Bike

Posted by Kresno Setyoputro On 1:21 AM | No comments
Polo bike atau cycle polo adalah olahraga permainan yang menggabungkan unsur polo dengan bersepeda. Kedengarannya aneh, ya? Mungkin untuk yang baru tau, permainan ini terdengar aneh. Tapi sebetulnya polo bike ini udah cukup banyak peminatnya, lho. 




Sejarah permainan

Polo bikediciptakan Richard J. Mecredy tahun 1891 di Country Wicklow, Irlandia. Di tahun yang sama, diadakan pertandingan polo bike pertama antara tim The Scalp dan Ohne Hast C.C. Sekitar akhir abad 19, permainan ini mulai akrab di negara lain seperti¸ Great Britain, Perancis, dan Amerika Serikat. Pertandingan internasional pertama diadakan tahun 1901, antara Irlandia dan Inggris. Di Olimpiade London 1908, polo bike pertama kali didemonstrasikan.
 

Permainan ini semakin popular di Great Britain dan Perancisdi tahun 1930-an. Namun kejadian Perang Dunia 2 membuat olahraga permainan ini mulai terlupakan.Tahun 1980-an India dan Amerika Serikat menjadi negara baru yang mulai terkenal dalam polo bike. Pertandingan internasional mulai diadakan lagi di tahun 1990-an, kejuaraan dunia pertama dilakukan di Amerika Serikat tahun 1996. Mulai tahun 2001, polo bike berada di bawah organisasi resmi TheInternasional Cycling Union.

 
Perlengkapan permainan

Namanya aja polo bike, berarti perlengkapan yang wajib dimiliki pastinya adalah sepeda, tongkat polo, dan bola polo. Untuk sepedanya, sih biasanya banyak dipakai yang model free-wheel atau single-speed. Tapi pakai sepeda apapun sah-sah aja, yang penting layak dipakai dan nyaman. Sebagai tambahan, ada baiknya kalau di rodanya dipasang wheel cover.

Untuk bolanya memakai bola polo atau bola street hockey. Bentuk dan ukuran keduanya hampir serupa. Bahannya juga sama-sama dari plastik. Dipilih bola hoki karenapermukaan bola hoki lebih halus dan beratnya lebih ringan dari bola polo.

Tongkat polo atau biasa disebut mallet yang digunakan biasanya terbuat dari tongkat ski untuk bagian gagangnya. Sedangkan untuk bagaian kepala atau pemukulnya terbuat dari semacam pipa gas yang padat. Para pemain polo bike biasanya membuat sendiri tongkat polo mereka.


 
Peraturan permainan

Polo bike dilakukan di lapangan berukuran 20x30 meter. Lapangan harus indoor, karena nggak ada peraturan bola keluar (ball out). Sebaiknya pilih lapangan yang permukaannya rata dan halus.Satu tim terdiri dari 3 orang dan permainan berlangsung selama 7 menit. Tim yang bisa mencetak 5 angka lebih dulu jadi pemenangnya.

Dalam permainan ini ada peraturan sentuhan (contact); yaitu badan(body on body contact), sepeda(bike on bike contact), dan tongkat (mallet on mallet contact). Ada juga larangan nurunin kaki dan nyentuh permukaan lapangan yang disebut foot-down atau dab. Hukuman untuk ini adalah, pemain itu harus ke pinggir lapangan dan mukulin mallet-nya ke tembok, baru boleh masuk lagi.


Source :

Yudi - XY Kids! Magazine

0 comments :

Post a Comment