Sunday, January 20, 2013

All About Mars

Posted by Kresno Setyoputro On 1:32 AM | No comments
Kamu pasti pernah dengar tentang Planet Mars. Konon katanya alien banyak hidup di sana. Tapi sekarang para ilmuwan justru berlomba melakukan penelitian untuk menjadikan Mars sebagai bumi kedua. Apa mereka bisa?


Penemuan Mars

Nama Mars berasal dari Dewa Perang Romawi, “Mars, The God of War”. Warna planet yang terlihat kemerahan dari jauh membuat Mars disebut juga Planet Merah atau “The Red One” oleh bangsa Mesir Kuno. Mars udah diamati sejak tahun 400 SM oleh kaum Babilonia. Saat itu mereka menamakan Mars sebagai “Nergal, the star of death”.

Tahun 1576, seorang astronom Denmark, Tycho Brahe, berhasil menghitung dan menetapkan posisi Mars secara akurat hanya dengan mata telanjang. Tahun 1604, giliran astronom dari Jerman, Johannes Kepler juga berhasil menghitung dan menemukan kalau lintasan orbit Mars berbentuk lonjong (ellipse), bukan lingkaran.

Baru di tahun 1609, Galileo Galilei melakukan pengamatan dengan teleskop. Ini adalah pertama kalinya Mars diamati dengan bantuan alat. Di tahun 1659 dimulai, lah pengamatan dengan alat-alat yang lebih canggih dan modern. Dan sejak itu para astronom mulai menggambar peta daratan Mars.


Kembarannya Bumi

Mars adalah planet yang paling dekat sama Bumi dan termasuk ke Tata Surya bagian dalam karena letaknya masih cukup dekat dengan matahari. Planet Mars ukurannya lebih kecil dari Bumi dan Venus. Planet Mars diselimuti oleh atmosfer tipis.

Permukaan Mars dipenuhi banyak kawah, lembah, gurun, gunung berapi dan lapisan es. Karena bentuk daratannya seperti itu, banyak yang bilang kalau Mars itu kembarannya Bumi. Apalagi dibandingkan Venus, lingkungan Mars dinilai lebih bersahabat. Tapi tetap aja nggak cocok kalau dihuni manusia.
 

 
Hal lain yang makin membuat para ilmuwan percaya bahwa Mars bisa dijadikan Bumi kedua adalah bukti penelitian yang menunjukkan kalau sekitar 4 milyar tahun lalu, Mars merupakan planet air. Banyak kandungan mineral dalam tanah yang menandakan bahwa lingkungan di Mars basah atau lembab. Jadi makin mirip Bumi yang sebagian besarnya juga terdiri dari air dan mineral.


Penjelajahan ke Mars

Kalau ditanya planet mana yang paling sering diamati dan dijelajahi, mungkin Mars yang bakal jadi juaranya. Soalnya emang udah banyak banget wahana penjelajah antariksa yang mengirimkan dan mendaratkan pasukan ke Mars. Contohnya negara Uni Soviet (Rusia), Amerika Serikat, beberapa negara Eropa dan Jepang.

Teknologi penjelajah yang paling terkenal saat ini adalah robot penjelajah milik NASA, yang bernama “Mars rover Curiousity”. Tanggal 26 November 2011, Curiousity berangkat menuju Mars Science Laboratory Spacecraft dari Cape Carnaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat. Dan setelah 8 bulan perjalanan, akhirnya Curiousity berhasil mendarat di Mars hari Senin, 6 Agustus 2012, pada pukul 12:32 WIB di Kawah Gale.

Sejak mendarat di Mars, Curiousity udah menghasilkan lebih dari 23 ribu foto mentah (raw image) dan menjelajah sejauh 517 meter. Curiousity ini berukuran sebesar mobil keluarga yang dilengkapi berbagai peralatan canggih untuk meneliti iklim, geologi, dan jejak kehidupan. Perlengkapannya mulai dari kromatograf, spktrometer massa, spektrometer laser, sampai difraksi sinar-x. Jadi nggak heran kalau dia disebut laboratorium berjalan.

Ada sekitar 7 kamera yang terpasang di tubuh robot yang bobotnya mencapai 900 kilogram ini. Robot ini juga dilengkapi lengan untuk mengumpulkan contoh-contoh bebatuan yang ada di Mars untuk diteliti kandungannya. Kelebihan Curiousity dibanding robot-robot pendahulunya terletak di bahan bakar. Curiousity nggak pakai tenaga surya atau matahari, melainkan tenaga nuklir.
 
 


Fakta tentang Mars

  • Di Mars berdiri Olympus Mons, gunung tertinggi di Tata Surya dan Valles Marineris, lembah terbesar di Tata Surya.
  • Suhu dan tekanan udara di Mars lebih rendah daripada Bumi. Komposisi udaranya banyak mengandung karbondioksida.
  • Mars terlihat berwarna kemerahan karena banyak kandungan besi oksida di permukaannya.
  • Periode rotasi dan siklus musim di Mars mirip dengan Bumi.
  • Besar jari-jari Mars cuma setengahnya jari-jari Bumi, yaitu sekitar 3.396,2 km.
  • Mars punya dua satelit, yaitu Phobos dan Deimos.
  • Mars mengelilingi Matahari selama 687 hari. Dan sehari di Mars adalah 25,62 jam
 
Source :

Yudi - XY Kids! Magazine

Polo Bike

Posted by Kresno Setyoputro On 1:21 AM | No comments
Polo bike atau cycle polo adalah olahraga permainan yang menggabungkan unsur polo dengan bersepeda. Kedengarannya aneh, ya? Mungkin untuk yang baru tau, permainan ini terdengar aneh. Tapi sebetulnya polo bike ini udah cukup banyak peminatnya, lho. 




Sejarah permainan

Polo bikediciptakan Richard J. Mecredy tahun 1891 di Country Wicklow, Irlandia. Di tahun yang sama, diadakan pertandingan polo bike pertama antara tim The Scalp dan Ohne Hast C.C. Sekitar akhir abad 19, permainan ini mulai akrab di negara lain seperti¸ Great Britain, Perancis, dan Amerika Serikat. Pertandingan internasional pertama diadakan tahun 1901, antara Irlandia dan Inggris. Di Olimpiade London 1908, polo bike pertama kali didemonstrasikan.
 

Permainan ini semakin popular di Great Britain dan Perancisdi tahun 1930-an. Namun kejadian Perang Dunia 2 membuat olahraga permainan ini mulai terlupakan.Tahun 1980-an India dan Amerika Serikat menjadi negara baru yang mulai terkenal dalam polo bike. Pertandingan internasional mulai diadakan lagi di tahun 1990-an, kejuaraan dunia pertama dilakukan di Amerika Serikat tahun 1996. Mulai tahun 2001, polo bike berada di bawah organisasi resmi TheInternasional Cycling Union.

 
Perlengkapan permainan

Namanya aja polo bike, berarti perlengkapan yang wajib dimiliki pastinya adalah sepeda, tongkat polo, dan bola polo. Untuk sepedanya, sih biasanya banyak dipakai yang model free-wheel atau single-speed. Tapi pakai sepeda apapun sah-sah aja, yang penting layak dipakai dan nyaman. Sebagai tambahan, ada baiknya kalau di rodanya dipasang wheel cover.

Untuk bolanya memakai bola polo atau bola street hockey. Bentuk dan ukuran keduanya hampir serupa. Bahannya juga sama-sama dari plastik. Dipilih bola hoki karenapermukaan bola hoki lebih halus dan beratnya lebih ringan dari bola polo.

Tongkat polo atau biasa disebut mallet yang digunakan biasanya terbuat dari tongkat ski untuk bagian gagangnya. Sedangkan untuk bagaian kepala atau pemukulnya terbuat dari semacam pipa gas yang padat. Para pemain polo bike biasanya membuat sendiri tongkat polo mereka.


 
Peraturan permainan

Polo bike dilakukan di lapangan berukuran 20x30 meter. Lapangan harus indoor, karena nggak ada peraturan bola keluar (ball out). Sebaiknya pilih lapangan yang permukaannya rata dan halus.Satu tim terdiri dari 3 orang dan permainan berlangsung selama 7 menit. Tim yang bisa mencetak 5 angka lebih dulu jadi pemenangnya.

Dalam permainan ini ada peraturan sentuhan (contact); yaitu badan(body on body contact), sepeda(bike on bike contact), dan tongkat (mallet on mallet contact). Ada juga larangan nurunin kaki dan nyentuh permukaan lapangan yang disebut foot-down atau dab. Hukuman untuk ini adalah, pemain itu harus ke pinggir lapangan dan mukulin mallet-nya ke tembok, baru boleh masuk lagi.


Source :

Yudi - XY Kids! Magazine

Fakta-fakta Badai

Posted by Kresno Setyoputro On 1:12 AM | No comments
Penyebab badai

Umumnya badai disebabkan karena tingginya suhu permukaan laut. Suhu permukaan laut yang tinggi ini kemudian menguap dan mengembun. Saat proses mengembun ini, uap air melepaskan energi panas. Kumpulan energi panas inilah yang menjadi penggerak badai. Proses perubahan energi ini juga menyebabkan hujan petir dan angin. Penyebab lain terjadinya badai adalah perubahan cuaca yang ekstrim.

Badai biasanya berpusar dan bergerak cepat mengelilingi suatu pusat, yang sumbernya di daerah tropis, yaitu Samudera Hindia, Samudera Atlantik, dan Samudera Pasifik. Saat terjadi badai, tekanan udara sangat rendah dan kecepatan angin bisa mencapai 250km/jam. Hingga saat ini, tercatat badai Sandy adalah badai terbesar, luasnya mencakup sepertiga wilayah timur Amerika.


Penamaan badai

 
Meskipun badai itu menghancurkan, tapi coba kamu perhatiin, hampir semua nama badai yang ada cantik-cantik mirip nama perempuan. Misalnya badai Katrina, badai Irene, badai Isabel, dan masih banyak lagi. Penamaan badai dengan nama perempuan ini berawal sejak Perang Dunia II, yaitu badai Maria, di tahun 1941. Tren ini berlanjut sejak tahun 1953 sampai 1978.


 
Tahun 1979, National Weather Service (NWS) di Amerika menamakan badai dengan gabungan nama laki-laki dan perempuan. Sekarang nama ini diperbarui oleh World Meteorological Organization (WMO) dengan nama yang singkat dan mudah diingat. Organisasi ini punya 6 daftar untuk menamai badai di kawasan Samudera Atlantik. Daftar ini berulang setiap 6 tahun sekali. Contohnya badai Sandy, yang namanya udah pernah muncul di tahun 2006.


 
Nama badai juga bisa pensiun, kids. Badai yang menelan banyak korban nggak dipakai lagi namanya, seperti badai Keith dan badai Katerina. Penamaan badai juga harus berunsur Perancis, Spanyol, Belanda, dan Inggris. Alasannya karena badai tersebut bakal mempengaruhi cuaca di banyak negara. Aturan lain dalam penamaan badai adalah menghindari awalan huruf T, U, X, Y, dan Z, karena dianggap langka.


Kategori badai


Di gempa kita mengenal istilah magnitudo atau skala Richter untuk menyatakan kekuatan sebuah gempa. Sedangkan kekuatan badai diliat dari kecepatan geraknya dalam km/jam atau mil/jam. Badai dikategorikan berdasarkan Saffir-Simpson Hurricane Scale (SSHS). Dan berikut kategori badai sesuai National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

  • Kategori 1 (Kecepatan 119 – 153 km/jam)

Kerusakan atap rumah dan konstruksi, cabang pohon besar patah dan kerusakan jaringan listrik.

  • Kategori 2 (Kecepatan 154 – 177 km/jam)

Kerusakan atap dan bangunan rumah dan konstruksi, pohon berakar dangkal bisa tercabut, listrik padam.

  • Kategori 3 (Kecepatan 178 – 208 km/jam)

Kerusakan atap dan bangunan rumah dan konstruksi, pohon banyak tumbang, listrik padam dan air sulit.

  • Kategori 4 (Kecepatan 209 – 251 km/jam)

Kerusakan parah pada rumah dan konstruksi, banyak pohon dan tiang tumbang, listrik padam dan air sulit dalam waktu lama, banyak daerah nggak bisa dihuni.

  • Kategori 5 (Kecepatan >252 km/jam)

Kerusakan parah dan banyak bangunan rubuh, pohon dan tiang tumbang semakin banyak, listrik padam dan air sulit dalam waktu lama, jembatan rubuh, banyak daerah nggak bisa dihuni.

 
Badai terdahsyat

Badai Mitch (22 Oktober 1998)
Kecepatan : 285 km/jam
Korban : 19.325 jiwa
Daerah : Honduras, Nikaragua, Yukatan, Peninsula, Florida Selatan

Badai David (25 Agustus 1979)
Kecepatan : 280 km/jam
Korban : 2.068 jiwa
Daerah : Haiti, Dominika, Puerto Rico, Florida, sebagian daerah di Amerika Utara

Badai Katrina (24 – 31 Agustus 2005)
Kecepatan : 280km/jam
Korban : 1.836 jiwa
Daerah : Bahama, Florida Selatan, Kuba, Mississipi, Alabama, sebagian daerah di Amerika Utara

Badai Hazel (5 Oktober 1954)
Kecepatan : 240km/jam
Korban : 1.200 jiwa
Daerah : Haiti, Bahama, Carolina Selatan, Carolina Utara, Virginia, Maryland, New York, Toronto

Badai Flora (26 September 1963)
Kecepatan : 230 km/jam
Korban : 7.168 – 8.000 jiwa
Daerah : Trinidad dan Tobago, Puerto Rico, Jamaika, Kuba, Bahama, Hispanola, sebagian daerah di Amerika Utara

Badai Jeanne (13 September 2004)
Kecepatan : 195 km/jam
Korban : 3.035 jiwa
Daerah : Virginia, Puerto Rico, Dominika, Haiti, Bahama, Florida

Bada Fifi-Orlene (14 September 1974)
Kecepatan : 175 km/jam
Korban : 8.200 jiwa
Daerah : Jamaika, Hispanola, Nikaragua, Guatemala, Meksiko, Arizona, Honduras

Badai Stan (1 Oktober 2005)
Kecepatan : 130 km/jam
Korban : 1.628 jiwa
Daerah : Kosta Rika, Nikaragua, Meksiko


Source :

Yudi - XY Kids! Magazine

Fakta Manusia Kerdil

Posted by Kresno Setyoputro On 1:00 AM | No comments
Kids, kamu udah nonton film The Hobbit: Unexpected Journey, belum? Film yang bercerita tentang petualangan para manusia kerdil ini diangkat dari cerita novel dengan judul yang sama. Tapi kamu tahu, nggak kalau manusia kerdil itu benar-benar ada?


Lebih pendek dan mungil

Mungkin kamu nggak asing dengan dongeng atau film tentang kehidupan hobbits. Tapi apa jadinya kalau para hobbits tersebut benar-benar nyata? Sebetulnya hobbits atau orang kerdil (dwarf) adalah sebutan bagi mereka yang menderita kelainan pada sistem pertumbuhannya.

Penderita kelainan ini disebut juga dwarfism. Ciri-cirinya terlihat dari tinggi badan di bawah rata-rata. Orang kerdil dewasa tingginya cuma sekitar 1.25 – 1.40 meter. Bandingkan dengan tinggi normal orang dewasa yang bisa mencapai 2 meter. Makanya mereka sering disebut “orang mungil” atau “orang kerdil”.

Orang kerdil di Afrika punya penyebab lain. Para peneliti mengatakan bahwa tubuh mereka pendek karena hidup di pedalaman hutan yang kurang mendapat sinar matahari. Sehingga tulang mereka kekurangan vitamin D yang mengandung kalsium dan pertumbuhannya menjadi terhambat.


Habitat tersembunyi

Meskipun banyak orang yang ngaku pernah melihat manusia kerdil secara langsung, namun untuk menemukan mereka bukan hal yang mudah, kids. Seringkali keberadaan mereka cuma dianggap sebagai cerita legenda atau mitos.

Tahun 2003, tim arkeolog berhasil menemukan kerangka manusia kerdil (Homo Floresiensis) di Liang Bua, Flores, Nusa Tenggara Timur. Penelitiannya sendiri dimulai sejak tahun 1970, kids. Di sekitar tempat tersebut juga hidup manusia kerdil lainnya. Mereka hidup dalam dusun terpencil yang letaknya agak tersembunyi.

Berbeda dengan penelitian Suku Pigmi (Pygmy Peoples), di Afrika. Suku ini ditemukan sekitar tahun 1858, saat bangsa Inggris datang ke Afrika. Sejak itu Suku Pigmi mengasingkan diri ke pedalaman hutan. Baru tahun 1971 – 1986 para antropolog melakukan penelitian tentang mereka di Kepulauan Andaman.

Orang kerdil dikenal suka tinggal di goa dekat pegunungan atau di tengah hutan. Mereka juga mengucilkan dan menutup diri dari masyarakat asing, meskipun ada beberapa suku yang cukup bersahabat. Jadi nggak heran para arkeolog dan peneliti butuh waktu bertahun-tahun untuk mencari data tentang mereka.


Tersebar di beberapa negara

Banyak yang beranggapan bahwa orang kerdil ini cuma ada di Indonesia dan di Afrika. Asal tahu aja, kids, ternyata mereka juga tersebar di wilayah lain. Selain di Indonesia dan Afrika, para orang kerdil ini juga ada di Filipina, Cina, Burma, India, dan Australia.

Masing-masing wilayah punya julukan sendiri untuk orang-orang kerdil ini. Contohnya di kawasan Asia Tenggara (Filipina, Kepulauan Andaman, Semenanjung Malaysia) mereka disebut Negritos, yang dalam bahasa Spanyol berarti “orang kulit hitam yang kecil”. Di Indonesia dikenal dengan Rampasasa atau Flores Man (Homo Floresiensis). Di kawasan sekitar Pegunungan Hkakabo Razi (perbatasan Cina, Burma, India), orang kerdilnya dikenal dengan nama Suku T’Rung.


Fakta orang kerdil:
  • Selain di Flores, orang pendek di Indonesia juga ditemukan di wilayah Bone, Sulawesi Selatan dan Kerinci Seblat, Sumatera Barat.
  • Homo Floresiensis yang ditemukan di Flores masih ada hubungannya dengan manusia purba berumur 94 ribu – 13 ribu tahun lalu.
  • Homo Florosiensis adalah spesies manusia purba terakhir yang masih berhasil bertahan dan terancam punah.
  • Suku Pigmi di Afrika hidup di tengah hutan belantara dan tinggal di atas pohon.
  • Suku Pigmi di Afrika dan Filipina cenderung berhenti tumbuh saat awal remaja.
  • Suku Pigmi di Kepulauan Andaman adalah satu-satunya Suku Pigmi yang terbuka kepada masyarakat asing.

Source :

Yudi - XY Kids! Magazine

Sejarah Kereta

Posted by Kresno Setyoputro On 12:53 AM | 1 comment


Bepergian naik kereta memang seru, kids. Apalagi sekarang ini udah banyak kereta cepat. Contohnya kereta cepat yang baru dioperasikan oleh China akhir Desember 2012. Gimana sejarah kereta sampai bisa lahir kereta super cepat?


Apa itu kereta api?

Yakin, deh. Pasti kamu semua udah pernah lihat yang namanya kereta api, kan? Tapi pasti nggak banyak yang tahu pa itu kereta api. Kereta api adalah sarana transportasi yang terdiri dari lokomotif dan rangkaian kereta (gerbong), dan berjalan di atas rel.

Nah, kereta api ini jenisnya cukup banyak, kids. Seiring berkembangnya tekhnologi, kereta terbagi sesuai tenaga penggerak (kereta rel listrik/KRL, kereta api uap, kereta api diesel); sesuai bentuk rel (kereta api konvensional dan kereta api monorel); sesuai letak jalur (kereta di atas permukaan tanah dan kereta bawah tanah/subway).


Perkembangan kereta


  • Wagonways (kereta kuda)

Penemu/pengembang: Penambang Jerman (1568)
Teknologi: Ditarik dengan hewan (biasanya kuda)
Kecepatan: -

Kereta tertua yang ditemukan di Jerman yang gerbongnya masih dari kayu. Kereta ini dipakai untuk mengangkut hasil tambang. Relnya pun masih terbuat dari kayu.



  • Steam Locomotive (kereta api uap)
Penemu/pengembang: Richard Trevithick (1804); George Stephenson (1815)
Dikenalkan: 1804
Teknologi: Memakai perapian untuk menghasilkan uap
Kecepatan: ~ 203 km/jam

Kereta api uap memiliki perapian dan pasokan batu bara. Awalnya kereta ini dipakai mengangkut barang. Kereta api uap untuk penumpang baru dikenalkan tahun 1825.














  • Electric Locomotive (kereta listrik/kereta rel listrik)
Penemu/pengembang: Robert Davidson (1837)
Dikenalkan: 1841
Teknologi: Memakai baterai/generator (bisa di-charge), rel listrik
Kecepatan: ~ 357 km/jam

Kereta listrik untuk penumpang dikenalkan tahun 1879. Kereta ini memakai rel listrik ciptaan Frank J. Sprague tahun 1888.














  • Diesel Locomotive (kereta diesel)
Penemu/pengembang: Dr. Rudolf Diesel (1906)
Dikenalkan: 1912
Teknologi: Memakai mesin diesel berbahan bakar bensin
Kecepatan: ~ 238 km/jam
Kereta ini beberapa kali melakukan tes dan akhirnya berhenti saat Perang Dunia I tahun 1914. Pertengahan tahun 1920, kereta ini mulai banyak diproduksi di Eropa.




  • Maglev/Magnetic Levitation (kereta magnet)
Penemu/pengembang: G.R. Polgreen (1959)
Dikenalkan: 1984
Teknologi: Memakai lintasan magnet, linear motor, electro-suspension
Kecepatan: ~ 581 km/jam

Kereta Maglev berjalan dengan mengambang di atas permukaan lintasa magnet. Tekhnologi canggih yang terus dikembangkan dalam kereta ini nantinya juga dipakai dalam pembuatan kereta cepat.



 
  • High-speed Rail (kereta super cepat)
Penemu/pengembang: AEG and Siemens & Halske (1903)
Dikenalkan: 1933
Teknologi: Memakai lintasan high-speed lines, desain aerodinamis, keamanan tinggi
Kecepatan: ~ 581 km/jam















Kereta cepat awalnya dikembangkan oleh Jerman dan Perancis (TGV). Namun kereta cepat yang paling terkenal dan paling cepat adalah Shinkansen, milik Jepang. Kereta ini memiliki tekhnologi super canggih dan sangat nyaman.















Semakin cepat dan canggih
Mungkin saat ini udah jarang kereta yang memakai lokomotif, karena semua udah beralih ke kereta listrik atau kereta Maglev. Kereta super cepat seperti TGV dan Shinkansen sendiri menggunakan teknologi rel listrik atau magnet yang terus dikembangkan. Teknologi inilah yang memungkinkan kereta bisa melaju sangat cepat.

Jarak yang ditempuh kereta super cepat ini juga nggak pendek, kids. Mereka bisa menempuh jarak ribuan kilometer dalam waktu yang cukup singkat. Bahkan kereta super cepat yang baru diresmikan di Cina memiliki jarak tempuh terpanjang di dunia, yatu 2.298 km. Kereta ini menghubungkan kota Beijing – Guangzhou.


Source :

Yudi - XY Kids! Magazine
http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_rail_transport