Monday, July 8, 2013

Memilih Ukuran Sepeda

Posted by Kresno Setyoputro On 8:04 PM | No comments



Kids pasti tau ada banyak model sepeda, mulai dari road bike, MTB, BMX, dan masih banyak lagi. Kamu juga pasti udah tau sepeda apa yang bakal dipilih. Tapi ternyata memilih sepeda itu nggak boleh asal, lho. Tiap sepeda ada ukurannya sendiri. Nah, berikut ini ada beberapa tips gimana cara memilih sepeda yang ukurannya pas.


Ukuran frame

Selain pemilihan materialnya, hal yang perlu diperhatiin pas beli atau ngerakit sepeda adalah ukuran frame-nya, kids. Di sini kita akan ngebahas gimana nentuin ukuran yang pas untuk sepeda gunung alias MTB. Alasan kenapa milih MTB, karena sepeda model ini paling banyak dipakai dan gampang ditemuin.

Cara yang paling gampang adalah dengan ngukur tinggi badan kamu dan nyocokin ke ukuran rangkanya. Biasanya untuk tinggi 150 – 160 cm, idealnya pakai frame ukuran 13” – 15”, kalau tinggi 161 – 170 cm, pakai frame ukuran 15” – 17”. Untuk kalian, disarankan memilih frame ukuran 15” – 17”.

Setelah kamu tahu ukuran frame yang bakal dipakai, kamu tinggal pilih yang kamu suka, deh. Oia, sekarang ini hampir semua merk sepeda udah ada stiker yang ditempel di frame-nya untuk nunjukkin ukurannya. Jadi kamu nggak perlu ribet nyari-nyari lagi.





Posisi seat-post

Tips berikutnya untuk dapet ukuran sepeda yang pas dan bersepeda dengan nyaman adalah mengatur posisi seat-post. Posisi seat-post nggak boleh terlalu rendah atau tinggi. Terus idealnya gimana, dong? Gampang, kids! Cukup atur posisi seat-post kamu sampai posisi kaki kamu saat duduk seperti di gambar, yaitu sampai posisi yang nginjek pedal ada di ujung telapak kaki kamu. Dan posisi kaki satunya juga sampai agak berjinjit.

Kalau kaki kamu yang nggak di pedal masih kerendahan, apalagi sampai nekuk, berarti posisi seat-post harus dinaikin. Kalau kaki kamu ketinggian, apalagi sampai nggak nyentuh tanah, berarti seat-post kamu harus diturunin. Posisi seat-post ini mempengaruhi kekuatan pijakan kamu saat mengayuh pedal, kids.


Itu tadi beberapa tips sederhana biar kamu dapet ukuran sepeda yang pas sama badan kamu. Perpaduan ukuran frame dan posisi seat-post ini berpengaruh banget sama kenyamanan kamu ngegowes, lho. Makin pas ukuran dan posisinya, makin asik gowesnya. Nah, selamat berburu frame dan mengatur posisi seat-post, kids!


Source : Yudi - XY! Kids Magazine

0 comments :

Post a Comment