Monday, July 8, 2013

Mesin Simulator

Posted by Kresno Setyoputro On 8:17 PM | No comments
Mau ngendarain motor atau mobil tapi belum boleh? Gampang, kids. Kan sekarang ada mesin simulator. Kayak gimana, sih mesin simulator itu? Biar enggak makin bingung langsung simak yang berikut, ya.


Mirip aslinya

Simulator adalah alat atau media yang mirip dengan aslinya, yang berguna untuk membantu seseorang cara menggunakan suatu alat yang lebih besar dan aslinya. Secara singkat bisa dibilang kalau mesin simulator itu adalah alat peraga, kids.

Saat menggunakan simulator, kamu bisa merasa seolah-olah mengontrol objek tertentu di dalam kehidupan nyata. Misalnya simulator mobil, berarti kamu saat itu seolah-olah lagi nyetir mobil beneran. Mesin simulator dilengkapi berbagai macam sistem canggih yang bisa mencerminkan situasi sebenarnya.


Dari kuda hingga taman bermain

Mesin atau alat simulator tertua udah dipakai sejak Perang Dunia I, yaitu sekitar tahun 1914. Bentuknya adalah kuda kayu yang digerakan mesin, jadi seolah-olah lagi menunggangi kuda sungguhan. Simulator berkuda ini dipakai untuk latihan para prajurit perang.

Penggunaan simulator semakin berkembang ke berbagai bidang, contohnya hiburan dan game. Game simulasi pertama diciptakan oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann di awal 1947. Hingga kini kamu mengenal game simulasi yang lebih canggih dan modern seperti yang ada dalam konsol Xbox atau Nintendo Wii.

Selain muncul di game, mesin-mesin simulator atau simulasi ini juga hadir di taman bermain (theme park) dan film. Mesin ini didukung oleh kecanggihan grafik komputer yang bisa memunculkan efek 3D dan efek spesial lainnya.


Cara kerja

Umumnya, mesin simulator atau simulasi ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu input dan output. Input ini adalah alat yang digunakan untuk mengontrol dan memberi perintah. Contohnya kalau kamu lagi ikut simulasi menyetir, maka inputnya adalah roda kemudi, tuas persneling, pedal gas dan rem.

Sedangkan output adalah media untuk menampilkan keadaan yang terjadi saat kamu melakukan simulasi. Contoh paling umum adalah monitor atau layar. Jadi dalam monitor itu kamu bisa melihat seolah-olah kamu nyetir mobil di dunia nyata.

Untuk yang lebih canggih lagi, biasanya di bagian input ada tambahan motion detect, yang bisa mendeteksi gerakan. Jadi mirip kayak kalau kamu lagi main Nintendo Wii gitu, deh. Terus di bagian output juga ada spesial efek, kayak getaran, cipratan air dan sejenisnya. Jadi betulan dibuat semirip aslinya, kids.


Berbagai fungsi

Mesin simulator paling banyak digunakan untuk keperluan latihan, misalnya latihan mengemudi. Setiap calon pengemudi akan mengikuti ujian simulasi sebelum mendapat lisensi atau izin mengemudi. Kalau mau jadi pilot, ada simulasi pesawat. Mau jadi masinis, ada simulasi kereta.

Ada juga simulator yang digunakan untuk bermain. Beberapa game yang memakai ide simulator adalah The Sims, Sim City, dan masih banyak lagi. Kamu bebas mengontrol karakter, membuat rumah atau kota tapi harus mengikuti aturan yang berlaku di game tersebut.

Simulasi enggak harus berbentuk mesin, kids. Ada yang namanya simulasi penanggulangan bencana. Di situ kamu akan dilatih gimana cara menghadapi bencana. Situasinya dibikin semirip mungkin dengan kejadian aslinya. Model simulasi ini bisa berupa simulasi banjir dan tsunami, gempa atau kebakaran.

Source : Yudi - XY! Kids Magazine

0 comments :

Post a Comment