Tuesday, June 19, 2012

EVOLUSI BOLA SEPAK

Posted by Kresno Setyoputro On 5:55 PM | No comments
Kalian pasti banyak yang suka sama olahraga sepak bola. Sepak bola memang jadi salah satu olahraga yang punya penggemar paling banyak di dunia. Tapi apa kalian tau sejarah bola yang dipakai di pertandingan sepak bola? Ternyata bola mengalami banyak perubahan, lho. Apa aja, sih perubahannya? Ini dia jawabannya.

Bentuk Awal
Kita pasti setuju yang namanya bola itu bulat, tapi ternyata dulu bola itu nggak bulat, lho. Bola sepak modern yang didesain Charles Goodyear di tahun 1836 ternyata bentuknya sedikit persegi, tapi nggak bersudut. Sementara bola buatan H.J. Lindon di tahun 1862 juga bentuknya agak lonjong, seperti yang sekarang dipakai dalam olahraga rugby.

Baru di tahun 1872 ada ketetapan peraturan dari FIFA tentang ukuran bola sepak. FIFA menetapkan bola yang dipakai dalam pertandingan harus bulat, kelilingnya antara 27 sampai 28 inchi, dan beratnya antara 14 sampai 16 ons. Dan di pertengahan 1950, muncul bola sepak yang lebih modern dan sesuai dengan peraturan FIFA.

Teknologi Pembuatan
Awalnya suku Inca kuno membuat bola dari gulungan kain yang diikat jadi satu. Di Cina bola dibuat dari campuran kain dan kertas. Sementara bangsa Viking menjadikan tengkorak para musuhnya untuk dijadikan bola sepak. Ih, serem banget, ya!

Kemudian bola sepak dibuat dari kulit hewan yang dibentuk sedemikian rupa biar bisa ditendang. Di Inggris bola juga dibuat dari kulit hewan yang diisi kain kemudian dijait kasar. Tahun 1836 Charles Goodyear membuat bola sepak dari panel karet vulkanisir (seperti karet ban) yang dilem. Tahun 1862 H.J. Lindon membuat bola sepak berbahan karet.

Saat pertengahan tahun 1950 muncul bola sepak yang bentuknya mirip sama bola sepak yang kita kenal sekarang. Bola ini diciptakan oleh Select Sport Equipment dan diberi nama “Truncated Icosahedron”, yang artinya dibuat dari 12 bahan segi lima dan 20 bahan segi enam. Puncak evolusi bola sepak terjadi ketika tahun 1963 Adidas mengeluarkan bola tipe Telstar dengan metode pembuatan yang sama dengan Truncated Icosahedron.

Adidas terus melakukan evolusi dalam membuat bola sepak. Bahan yang digunakan adalah karet sintetis anti air. Cara membuatnya pun udah bukan dilem atau dijahit, tapi menggunakan teknologi press dengan metode termal, sehingga bola lengket menjadi satu dan bisa mencegah kebocoran. Panel yang digunakan juga udah beragam, nggak cuma segi lima dan segi enam.

Kemunculan Resmi
Sebelum tahun 1970, bola sepak yang digunakan dalam pertandingan umumnya terbuat dari kulit yang berisi tekanan udara. Baru setelah tahun 1970 Adidas menjadi sponsor yang menyediakan bola untuk turnamen Piala Dunia 1972 hingga sekarang. Adidas udah mengeluarkan 11 bola untuk Piala Dunia dengan desain berbeda. Namun bola buatan Charles Goodyear adalah bola sepak yang pertama kali digunakan dalam pertandingan.

Tango 12
Tango 12 adalah bola resmi yang bakal digunakan di turnamen Euro 2012 nanti. Bola ini didesain oleh Adidas. Adidas Tango 12 disebut-sebut sebagai evolusi modern dari desain klasik bola-bola Tango yang sering dipakai di Piala Dunia dan Piala Eropa saat era 1980-an. Tango 12 sendiri ditujukan untuk legenda Olimpiade Ukraina, Serhiy Bubka.

Adidas Tango 12 didesain klasik dengan garis warna sebagai ciri khas. Garis warna ini melambangkan warna bendera tuan rumah Euro 2012, Polandia dan Ukraina. Bola ini dikembangkan selama dua tahun dan dirancang sesuai dengan bola di turnamen-turnamen sebelumnya. Konon bola ini lebih baik dari kualitas Adidas Jabulani, bola yang dipakai di Piala Dunia 2010.

Fakta Bola Sepak:
  • Bola sepak kulit tertua di dunia berumur lebih dari 450 tahun, ditemukan di kamar tidur Mary Queen of Scots di Stirling Castle, Skotlandia.
  • Bola buatan Charles Goodyear digunakan untuk pertandingan antara Oneida FC melawan Boston Latin dan Boston English School.
  • Bola asli buatan Charles Goodyear saat ini diletakkan di museum National Soccer Hall of Fame.
  • James Naismith, penemu permainan bola basket, awalnya memakai bola sepak untuk bermain basket.
  • Jaman dulu bola terbuat dari kulit mentah yang menyerap air dan kelembaban. Jadi beratnya akan bertambah kalau terkena air.
  • Sesuai peraturan FIFA, warna bola tidak boleh sama dengan warna lapangan. Dan penggunaan bola berwarna cerah (merah atau oranye) saat lapangan tertutup salju.

Source : XY Kids! Magazine 

0 comments :

Post a Comment