Tuesday, June 19, 2012

Laba-Laba

Posted by Kresno Setyoputro On 6:42 PM | No comments
Siapa yang belum pernah liat laba-laba? Pasti semuanya udah tau, dong. Nggak di rumah, di halaman atau di manapun, pasti kalian bisa ketemu sama laba-laba. Oia, laba-laba juga identik sama Spiderman, lho! Keren, kan! Penasaran sama serangga yang satu ini? Yuk, kita simak ulasannya.

Hewan berkaki delapan
Laba-laba, atau sering disebut juga labah-labah adalah sejenis hewan berbuku-buku. Bahasa kerennya adalah Anthropoda. Semua jenis laba-laba termasuk dalam ordo Araneae dan termasuk kelas Arachnida, karena punya delapan kaki.

Beda dengan serangga lain, laba-laba cuma punya dua segmen tubuh. Laba-laba juga nggak bersayap dan nggak punya mulut untuk mengunyah. Tapi meskipun begitu, laba-laba ternyata hewan karnivora, lho. Bahkan terkadang mereka memakan sesama jenis, atau kanibal. Mangsa utama mereka adalah serangga kecil, seperti jangkrik atau belalang.

Ribuan spesies
Kalian tahu, sampai sekarang sudah ada sekitar 40.000 spesies laba-laba yang diteliti dan digolongkan ke dalam 111 suku. Tapi jumlah ini masih sedikit, kids. Karena laba-laba hewan yang beragam dan banyak yang bertubuh kecil, jadi sering nggak terlihat dan sulit diteliti. Namun diyakin kalau laba-laba memiliki sekitar 200.000 spesies. Banyak banget ya, kids!

Beracun atau tidak?
Hampir semua laba-laba mampu mengeluarkan bisa atau racun untuk melumpuhkan mangsanya. Bisa tersebut disuntikkan melalui taring mereka untuk mencerna dan menghancurkan bagian dalam tubuh mangsanya. Ada beberapa laba-laba yang gigitannya sangat beracun, bahkan untuk manusia.



Kalian pasti nggak asing sama Black widow. Tapi black widow yang ini bukan jagoan The Avengers, lho. Black widow adalah laba-laba dengan gigitan paling beracun dan mematikan di dunia. Ciri black widow adalah tubuhnya yang berwarna hitam dengan pola seperti jam pasir warna merah di abdomennya.

Umumnya laba-laba beracun lainnya ditandai dengan warna tubuh mereka yang coklat atau warna gelap. Dan kalau ada warna merah di tubuh mereka, itu udah jelas beracun. Kebanyakan tubuh mereka nggak terlalu besar, tapi lebih besar dari laba-laba rumahan. Jadi kalau kalian nggak sengaja liat, mendingan langsung buru-buru ambil semprotan serangga atau pergi jauh-jauh biar nggak digigit.



Jaring yang kuat
Kayaknya asik, ya kalau lagi liat Spiderman berayun pakai jaringnya. Tapi apa bener jaring laba-laba sekuat itu? Jaring laba-laba asli ternyata jauh lebih kuat, kids! Saking kuatnya, jaring laba-laba (spider silk) ini dijadikan bahan untuk armor. Bahkan jaring raksasa di dunia  yang dihasilakn laba-laba Darwin Bark Spider 10 kali lebih kuat dari armor! Jaring laba-laba juga sangat elastis. Jadi nggak heran kalau Spiderman bisa berayun pakai jaringnya, kids.




Source : XY Kids! Magazine (Yudi)

0 comments :

Post a Comment