Tuesday, June 19, 2012

Hari Susu Sedunia

Posted by Kresno Setyoputro On 6:56 PM | No comments
Siapa yang suka minum susu? Susu memang minuman yang nikmat dan sangat baik untuk tubuh kita. Tapi apa kamu tahu, setiap tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari susu sedunia. Biasanya di tanggal tersebut seluruh negara di berbagai belahan dunia ikut melakukan perayaan hari susu di dunia, termasuk Indonesia.

Sayangnya orang Indonesia masih sedikit yang minum susu. Kebanyakan dari mereka menganggap kalau susu adalah minuman yang mewah dan mahal. Konsumsi susu masyarakat Indonesia hanya 11 liter/kapita/tahun. Menurut Wakil Menteri Pertanian, Bapak Rusman Heriawan, jumlah tersebut kalah jauh dibandingkan sama konsumsi susu di Malaysia dan Filipina yang mencapai 22 liter/kapita/tahun. Bahkan di negara Eropa, konsumsi susu mencapai 100 liter/kapita/tahun.

Kira-kira kenapa, ya minum susu sangat dianjurkan untuk kita? Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan, kandungan gizi, protein dan zat-zat yang ada di dalam susu sangat baik untuk pekembangan dan kesehatan tubuh kita. Minum susu secara teratur bisa menjaga berat badan. Selain itu tulang-tulang juga semakin kuat, karena susu memberi sumber vitamin D terbesar dibanding makanan lainnya. Vitamin D ini sangat baik untuk penyerapan kalsium dan membangun sistem kekebalan tubuh. Protein yang dihasilkan susu juga membantu membentuk dan menguatkan otot kamu, lho.

Jadi sekarang kamu sudah tahu, kan kenapa minum susu itu sangat penting? Tapi kamu tahu, nggak susu apa yang harganya paling mahal? Nah, sekarang sambil minum susu, simak fakta-fakta penting dan unik tentang susu, ya.

  • 1.     Hewan penghasil susu terbanyak
Kalian pasti sudah pada tahu kalau sapi adalah hewan penghasil susu. Mereka bisa menghasilkan sekitar 10.000 liter susu dalam setahun. Tapi ternyata hewan penghasil susu terbanyak adalah paus.

Kok bisa, ya? Padahal paus termasuk jenis ikan. Paus memang termasuk jenis ikan, tapi dia juga mamalia. Seekor paus mampu menghasilkan 600 liter susu dalam sehari, lho! Susunya juga sangat berlemak, sehingga bayi paus bisa bertambah berat badan sampai 100 kg dalam sehari.

  • 2.    Mitos susu membuat gemuk
Banyak yang percaya kalau kebanyakan minum susu bisa bikin badan gemuk. Ternyata faktanya nggak begitu. Menurut penelitian yang dilakukan Harvard University, orang yang teratur minum susu justru beratnya lebih stabil dan terhindar dari kegemukan. Karena susu membuat kenyang tapi kalorinya lebih rendah dibanding makanan lain.

  • 3.    Susu termahal di dunia
Fakta yang ini terdengar agak aneh, tapi ini benar terjadi. Ternyata susu termahal di dunia adalah susu tikus. Harga 1 liter susu tikus mencapai 23 ribu Euro, atau setara dengan 276 juta rupiah. Kenapa bisa semahal itu?

Untuk mendapatkan susu tikus ini prosesnya nggak gampang. Proses selama 30 menit cuma menghasilkan 0.25 cm3, alias seperseribu liter. Dan perlu 4000 ekor tikus untuk bisa mendapatkan 1 liter susunya.

  • 4.    Susu coklat paling baik diminum usai olahraga
Dalam artikel Journal of Strength and Conditioning yang dipresentasikan oleh American College of Sport Medicine dikatakan bahwa minuman terbaik setelah berolahraga adalah susu coklat. Karena susu coklat bisa meningkatkan dan mengembalikan energi yang terpakai. Selain itu susu coklat juga membangun lebih banyak otot.

  • 5.    Larangan minum susu dengan coklat
Mungkin kamu pernah melakukan ini tanpa sengaja. Tapi ternyata minum susu dibarengi dengan makan coklat itu dilarang, lho. Karena susu kaya akan protein dan kalsium, sementara coklat kaya akan oxalid acid. Kalau dimakan bersamaan mereka akan membentuk kalsium oksalat yang nggak bisa larut di dalam tubuh dan bisa menyebabkan diare.


Source : XY Kids! Magazine (Yudi)

0 comments :

Post a Comment