Tuesday, June 19, 2012

Satu Pohon Pinus Untuk 160 Rim Kertas

Posted by Kresno Setyoputro On 6:16 PM | No comments
Kamu tentu sudah tahu kalau kertas dibuat dari pohon. Tapia pa kalian tahu ada berapa lembar kertas yang bisa dihasilkan oleh satu pohon? Jawabannya memang agak sulit. Karena jenis dan ukuran pohon sangat berpengaruh kepada banyaknya kertas yang akan dihasilkan.

Biasanya kertas dihasilkan dari pohon pinus, karena pohon jenis ini menghasilkan kertas dengan kualitas terbaik. Kebanyakan pohon pinus memiliki berat sekitar 730 kg. Sebelum diubah jadi kertas, pabrik akan mengubah pohon ini menjadi bubur kertas. Dan yang akan dibuat jadi kertas dari bubur kertas itu hanya sebanyak 50%-nya saja. Karena 50%-nya lagi adalah bahan lain yang tidak baik untuk membuat kertas. Setelah menjadi bubur kertas, maka berat yang tadinya 730 kg akan berkurang menjadi 365 kg.

Biasanya 1 rim kertas terdiri dari 500 lembar yang beratnya sekitar 2,27 kg. Jadi coba kita hitung ada berapa lembar kertas yang bisa dihasilkan satu pohon pinus.

730 kg / 2,27 kg x 500 = 80.396,476 lembar

Berarti satu pohon pinus bisa menghasilkan sekitar 80.396 lembar kertas atau setara dengan 160 rim! Itu jumlah lembaran kertas yang sangat banyak, lho! Tapi meskipun kertas yang dihasilkan banyak, kita tetap nggak boleh berlebihan dalam menggunakan kertas. Gunakan kertas sesuai keperluan dan kebutuhan.

Karena dalam satu hari pasti nggak cuma satu pohon yang ditebang untuk diolah menjadi kertas, sementara pohon itu sendiri butuh waktu bertahun-tahun untuk tumbuh besar dan dapat diolah menjadi kertas. Jadi, kalau dalam 100 orang bisa menghemat sampai tiga lembar kertas sehari, maka dalam setahun ada 156 pohon yang bisa diselamatkan.


Source : XY Kids! Magazine (Yudi)

0 comments :

Post a Comment