Tuesday, June 19, 2012

SHINKANSEN HAYABUSA

Posted by Kresno Setyoputro On 7:17 PM | No comments
“Kereta Cepat Terbaru dari Jepang”


Siapa yang belum pernah naik kereta? Pasti sebagian dari kita udah pernah, dong ngerasain gimana serunya naik kereta. Nah, di Jepang sana ada kereta yang bisa melaju secepat peluru! Kereta ini namanya Shinkansen. Kayak apa, sih kehebatan si kereta peluru ini?


Tentang Shinkansen
Shinkansen (新幹線), atau sering disebut kereta peluru, adalah jalur kereta api cepat Jepang. Shinkansen adalah sarana utama angkutan antar kota di Jepang, selain pesawat. Shinkansen dioperasikan oleh empat grup perusahaan perkereta-apian Jepang. Faktanya, nama Shinkansen sering digunakan oleh orang-orang di luar Jepang untuk menyebut kepada kereta apinya. Namun dalam bahasa Jepang sendiri, sebenarnya kata ini adalah nama jalur kereta api tersebut, yaitu: Jalur (sen) Cepat (kan) Baru (shin).



Shinkansen Terbaru
Sejak awal dioperasikan tahun 1964, Shinkansen udah punya sekitar 14 seri kereta dengan nama yang berbeda-beda. Sekitar awal tahun 2011, JR (Japan Railway) mengoperasikan kereta Shinkansen seri terbaru, yaitu E5. Dengan bentuk yang aerodinamis, kereta ini diberi nama Hayabusa, yang berarti elang. Kereta ini beroperasi di Jalur Shinkansen Tohoku dan melewati kota-kota seperti Tokyo, Ueno, Omiya, Sendai, Ichinoseki, Morioka, Hachinohe dan Shin-Aomori. Shinkansen Hayabusa ini hanya beroperasi dua kali dalam sehari.



Kehebatan kereta ini adalah kecepatannya yang luar biasa. Shinkansen Hayabusa bisa menghasilkan kecepatan hingga 300 km/jam. Sehingga dari Tokyo ke Shin-Aomori yang jaraknya sekitar 670 km, bisa ditempuh hanya dengan waktu 3 jam 10 menit. Dan kabarnya, tahun 2013 kecepatan kereta ini akan ditingkatkan hingga 320 km/jam. Bener-bener kereta super cepet ya, kids!

Selain kecepatannya yang luar biasa, kereta ini juga dilengkapi dengan berbagai peralatan dan sistem canggih yang bikin perjalanan semakin aman dan nyaman. Salah satunya pemasangan suspensi yang bisa meredam getaran. Dan kereta ini memiliki sistem pengereman yang canggih. Jadi penumpang ga akan merasa terganggu atau khawatir dengan kecepatan tinggi yang dihasilkan kereta ini.

Interior Shinkansen Hayabusa
Saat masuk ke dalam kereta ini, dijamin kita bakal kaget dan tercengang. Karena interior Shinkansen Hayabusa ini ga kalah keren sama pesawat. Bahkan untuk beberapa kelas khusus yang disebut Gran Class, interiornya bener-bener mirip kayak di dalem pesawat.



Kursi yang ada di kereta ini semuanya bisa diatur sandaran kepalanya. Ada juga stop kontak di setiap kolom kursi untuk sumber listrik. Kemiringan kursinya juga bisa dirubah sesuai selera kita. Dan di setiap kursi dilengkapi meja kecil untuk kita makan atau naruh notebook. Toilet yang disediakan juga luas, sangat bersih dan modern. Toiletnya sendiri terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Di dalamnya toilet perempuan ada juga semacam tempat untuk berdandan. Selain interior, Shinkansen Hayabusa juga dilengkapi dengan papan informasi elektronik. Isi informasinya seputar lokasi tujuan dan penunjuk waktu.


 

 









 Nah, khusus untuk yang Gran Class semua interiornya beda sama yang di atas. Kursinya bisa dimiringin sesuai selera, ada tambahan penyangga kaki, ada meja untuk makan dan tempat untuk naruh gelas minuman, selain itu kursi ini juga dilengkapi lampu baca juga. Di kelas ini para penumpangnya juga bisa dapet snack dan memesan beberapa jenis makanan, bisa makanan Jepang atau makanan Barat. Selama perjalanan penumpang di kelas ini juga ditawarin untuk baca majalah atau penutup mata untuk mereka yang mau tidur. Dan di kelas ini ada pramugarinya juga, kids! Bener-bener kayak di pesawat, kan?


Itu tadi tentang Shinkansen terbaru yang dioperasikan di Jepang. Kereta secepat peluru yang bikin kita betah dengan segala interior dan fasilitas di dalamnya. Jika kalian mau nyobain Shinkansen Hayabusa ini gampang, kok. Cukup membayar sebesar 16.870 yen untuk dewasa dan untuk anak-anak hanya membayar setengahnya. Jumlah ini adalah untuk satu kali perjalanan dari Tokyo sampai Shin-Aomori. Gimana kids, ada yang tertarik untuk coba? ● Yudi


Source : XY Kids! Magazine (Yudi)

0 comments :

Post a Comment